-->
logo blog

Tips dan Trik Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bahan Bakar atau Bensin

Pada kesempatan kali ini penulis mau membahas Tips dan Trik Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bahan Bakar atau Bensin. Sebab di masyarakat beredar bahwa jika motor injeksi kehabisan bahan bakar harus dibawa ke bengkel resmi, sebab motor tidak mau hidup.

Pasti banyak yang berpikir, memang betul harus ke bengkel resmi....?

Yuk kita bahas dulu pengertian injeksi dan cara kerja injeksi. Injeksi, merupakan suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Injeksi membutuhkan perangkat bernama injector, injector sendiri bertugas me-nyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sitem injector adalah penerus sistem karburator, tentunya memiliki kelebihan daripada karburator.

Apabila pada sistem karburator, kendaraan membutuhkan penyetelan yang tepat agar bisa mendapatkan campuran bahan bakar dan udara atau AFR (Air–fuel ratio)yang optimal, sistem injeksi sudah terprogram secara komputer untuk mendapatkan rasio AFR yang optimal.

Supaya bisa mendapatkan AFR yang optimal, injektor mengandalkan program komputer untuk mengontrol AFR nya. Perangkat elektronik yang bertugas untuk mengontrol kerja injektor ini bernama ECM atau Electronic Control.

Gimana sob udah taukan cara kerja injeksi.....?

Sesuai judul diatas, kita lanjutkan ya mengenai Tips dan Trik Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bahan Bakar atau Bensin. Sebetulnya sobat tidak perlu panik karena hal ini dapat diatasi dengan cukup mudah...ok deh hal yang perlu sobat lakukan adalah segera isi bahan bakarnya lalu coba putar kunci kontak keposisi on, lalu sobat diamkan dulu sampai terdengar suara mendegung di dalam injektor.

Hal itu terjadi, karena pompa injector lagi bekerja mengisi bahan bakar keruang pembakaran. Setelah menunggu beberapa saat sobat bisa mematikan kontaknya lalu coba putar kontak ke posisi on, lalu sobat bisa menyalakan starter. Tara....insyaallah motor sobat kembali nyala.

Namun hal ini jangan sampai sering terjadi sebab lama kelamaan dapat merusak komponen didalam injektor dan dapat  memperpendek usia komponen didalamnya. Ok sob mungkin itu artikel yang penulis bisa sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat ya...!

Jangan lup baca juga artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Brebet Ketika di Gas dan baca juga artikel tentang Cara Mengatasi Mesin Ninja 150RR Kasar. Terimakasih



EmoticonEmoticon