-->
logo blog

Memahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Teknologi di dunia otomotif semakin canggih saja terlihat dari kehadiran Injeksi pada sepeda motor, karena sebelumnya kehadiran injeksi hanya pada kendaraan roda empat saja. Dalam kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentangMemahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi.

Dengan semakin pesatnya teknologi yang dihadirkan tentunya hal ini sangat memberikan keuntungan baik bagi konsumen atau pada pelaku jasa service kendaraan. Jika beberapa waktu yang lalu kendaraan roda dua menggunakan karburator untuk penyuplai bahan bakar namun sekarang ini kembali hadir terobosan terbaru penyuplain bahan bakar yaitu Injeksi.

Injeksi sendiri memiliki kelebihan cukup baik dibanding karburator namun Injeksi juga mempunyai sedikit kekurangan. Namun dalam dunia teknologi pasti ada kelebihan dan ada kekurangan akan tetapi sebagai pengguna kita tinggal menunggu dan menikmatinya saja.

Penulis sendiri sangat menyukai teknologi Injeksi, karena hal pertama lebih hemat bahan bakar daripada karburator dan hal yang paling berkesan dari teknologi Injeksi adalah dia memiliki sensor untuk memberikan informasi bagi pemiliknya. So, ketika ada kerusakan sensor akan memberikan isyarat bahwa bagian ini mengalami gangguan atau mengalami kerusakan.

Bagi sobat yang belum mengetahui arti kedipan lampu indikator di motor injeksi, penulis akan menjelasakannya dibawah ini......Namun perlu sobat pahami, tidak semua motor injeksi sama arti kedipanya, misalkan Honda dan Kawasaki. Tapi tenang aja penulis akan membahasnya secara keseluruhan.

Memahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Cara Membaca Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Honda :

  1.  Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
  2.  Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
Notes : Jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah 7 (tujuh Namun
jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 12 (duabelas).

Error sistem antara satu dengan berikutnya ada jeda kurang lebih 3-5 detik.

Berikut beberapa indikator error pada indikator speedometer motor Honda sistem injeksi yang ditangkap oleh MIL (Malfunction Indikator Light) diantaranya :

  • Kedipan 1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) - Kode ini memastikan motor Anda mengalami kerusakan pada Manifold Absolute Pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold.
  • Kedipan 7 = Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature) - Apabila kode ini muncul, Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sistem pembakaran tidak bisa bekerja secara maksimal yang berimbas pada pemborosan bahan bakar.
  • Kedipan 8 = Sensor TP (Throttle Position) - Kode ini menunjukkan terjadinya gangguan pada sensor Throttle Position. Kerusakan pada sensor tersebut menyebabkan pemborosan bahan bakar dan sulit starter.
  • Kedipan 9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature) - Dipastikan Intake Air Temperature Anda mengalami gangguan. IAT sendiri bekerja dengan cara mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body, kemudian mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Dengan adanya sensor IAT, jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan selalu pada tingkat yang optimal.
  • Kedipan 12 = Sensor Injektor - Kode ini menunjukkan Injector sepeda motor Anda mengalami masalah. Gangguan ini biasanya menyebabkan motor tak bisa dinyalakan.
  • Kedipan 21 = Sensor O2 - Oxigen sensor - Gangguan sensor O2 akan diproyeksikan melalui kode ini. Sensor ini sendiri befungsi untuk mendeteksi gas buang terhadap gas-gas beracun dan kondisi pembakaran mesin.
  • Kedipan 29 = Sensor IACV (Intake Air Cut Valve) - Idle Air Control Valve merupakan komponen yang membantu dalam penyalaan mesin. Apabila kode ini muncul, dipastikan IACV Anda mengalami gangguan.
  • Kedipan 33 = ECM (Engine Control Module) - Apabila Anda mengalami kode ini, dipastikan sepeda motor Anda tidak akan bisa menayala. Pasalnya kode ini mengindikasi bahwa terjadi gangguan pada ECM (Engine Control Module) yang merupakan otak dari seluruh pengaturan sistem injeksi.
  • Kedipan 54 = Sensor BAS (Bank Angle Sensor) - Kode ini menunjukkan terjadi kerusakan pada sensor Bank Angle. Sensor ini berfungsi mematikan tenaga ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat.

Cara Membaca Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Yamaha :

  1.  Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
  2.  Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
Notes :
Jika pada sepeda motor Yamaha injeksi anda lampu MIL / engine indikatornya menyala atau berkedip dengan kedipan panjang 1 dan kedipan pendek 3 itu artinya jumlah kedipannya 13. Kenapa demikian, Karen kedipan panjang 1 kali itu artinya 10 dan kedipan pendek 3 kali itu artinya 3, dan 10 + 3 = 13 itu artinya jumlah kedipannya 13. Cukup mudah bukan.

Kode Kerusakan Kedipan MIL / Engine Indikator Motor Injeksi Yamaha :

  • 12 kedipan ialah sensor crankshaft position
  • 13 kedipan ialah sensor intake air pressure
  • 14 kedipan ialah sensor saluran intake air pressure
  • 16 kedipan ialah sensor throttle position
  • 21 kedipan ialah sensor coolant temperature
  • 22 kedipan ialah sensor intake air temperature
  • 30 kedipan ialah sepeda motor jatuh
  • 33 kedipan ialah sensor primary ignition coil
  • 39 kedipan ialah sensor system kelistrikan fuel injector
  • 41 kedipan ialah sensor lean angel
  • 44 kedipan ialah sensor proses pembacaan / penulisan pada eprom
  • 46 kedipan ialah sensor aliran listrik pada system injeksi tidak normal
  • 50 kedipan ialah sensor memory ECU

Cara Reset atau Cara Mengatasi Masalah Kedipan Lampu Indikator Semua Motor Injeksi :

A. Pastikan kode kegagalan fungsi (MIL) dan lakukan perbaikan terlebih dahulu
B. Langkah Reset Lampu Indikator Malfungsi
  1. Putar kunci kontak ke “ ON “ (Pastikan MIL menunjukkan kedipan kode kegagalan fungsi – baca kode kegagalan tersebut sampai terjadi pengulangan kode yang sama)
  2. Matikan kunci kontak ke “ OFF  “
  3. Pasang DLC Shorts Connector
  4. Putar kunci kontak ke  “ ON “
  5.  Di saat MIL menyala (± 5 dtk) dan mulai berkedip, lepas DLC kemudian pasang kembali (jika MIL menyala dan tidak berkedip lagi / berkedip cepat tanpa henti, reset berhasil)
  6. Putar kunci kontak ke “ OFF  “
  7. Lepas DLC Shorts Connector
  8. Putar Kunci Kontak ke “ ON “
Dengan adanya kode ini tentunya sangat mempermudah kerja mekanik saat ada kerusakan, namun hal yang penulis sayangkan dari teknologi ini jika ada kerusakan pada bagian injeksi, mau tidak mau sobat harus menggantinya dan harganyapun cukup mahal.

Mungkin itu sedikit artikel tentang Memahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi dan semoga artikel ini bermanfaat ya sob. Jangan lupa juga baca artikel lainya seperti Kelebihan Menggunakan Bahan Bakar Pertamax di Motor Injeksi dan baca juga artikel tentang Tips dan Trik Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bahan Bakar atau Bensin. Terimakasih






EmoticonEmoticon