-->
logo blog

Oli Mesin yang Baik atau Bagus Buat Motor Januari 2017

Halo sobat, apa kabar....? mudah-mudahan dalam kondisi sehat selalu ya sob dan tidak lupa penulis ucapkan selamat tahun baru 2017. Semoga di tahun ini segala keinginan dan harapan akan terlaksana Amin. Nah kali ini penulis akan membahas artikel tentang Oli Mesin yang Baik atau Bagus Buat Motor Januari 2017.

Oli mesin tentunya sangat berguna sekali untuk melumasi bagian mesin sobat, nah jika mesin sobat tidak di dukung oli mesin yang mumpuni pastinya akan berakibat menurunkan kualitas parts di dalam mesin. Walau tidak secara langsung namun lama kelamaan akan semakin terasa efek nya, lalu oli apa sih yang bagus untuk kendaraan yang kita gunakan...?

Jika tidak mau ribet, sebetulnya oli mesin keluaran pabrikan sudah cukup mumpuni karena hal itu sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Namun kadang kepuasan manusia tidak sampai disitu kadang keinginan akan kepuasan terus dan terus. Hal itu tidak salah juga sih, karena hakekatnya semua orang menginginkan yang terbaik.

Cuma penulis menyarankan sobat menggunakan oli sesuai anjuran dari dealer, misalnya motor a harus menggunakan oli SAE 10w-40 ternyata malah menggunakan oli SAE 15w-40. Jika digunakan tidak lama mungkin tidak terlalu bermasalah namun jika digunakan dalam waktu lama tentunya akan berakibat fatal. Sepertihalnya koling menjadi slip karena oli terlalu kental atau tenaga motor menjadi menurun.

Oli mesin sendiri banyak sekali model baik dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Memang harga tidak pernah bohong, semakin bagus tentunya kualitasnya semakin baik namun penulis sendiri pernah menggunakan oli racing untuk motor matic namun bukanya enak yang ada malahan mesin motor bau angus. Akhirnya balik lagi menggunakan oli bawaan pabrik, eh ternyata ilo standar ini malah asik loh.

Lanjut ya sob membaca artikel nya....,nah dibawah ini penulis akan membahas oli yang pernah penulis gunakan, baik dari harga puluhan ribu hingga yang berharga rutas ribu.

Oli Mesin yang Baik atau Bagus Buat Motor Januari 2017

1. Oli Motul 5100.
Ini oli yang penulis pernah gunakan dan mungkin ini oli mesin paling mahal yang pernah penulis beli. Hal yang penulis rasakan menggunakan oli ini adalah, mesin terasa lebih adem walau digunakan di cuaca panas, perpidahan gigi lebih empuk dan lebih halus. Tidak sampai disitu, suara mesin menjadi lebih lembut dan kopling juga tidak mengalami slip. Namun kekurang oli ini, harganya cukup mahal. di daerah penulis harganya sekitar Rp.150000,-.
2. Oli Enduro Racing
Pada bagian kedua ini, mungkin sobat pernah menggunakan oli merk ini. Harga yang dijualnya juga tidak terlalu mahal untuk sekelas oli racing. Namun penulis pernah merasakan kurang enak menggunakan oli ini mesin Enduro, motor terasa berat dan tercium bau angus ketika digunakan jarak jauh. Namun pas digunakan pada motor smash akselerasi lebih ringan, perpindahan gigi lebih halus. Tercium wangi ciri khas oli Enduro.
3. Shell AX7
Untuk oli mesin ini, penulis lagi menggunakan pada motor Ninja 150RR. oli ini cukup ramah di kantong namun kualitasnya tidak murahan. Yang penulis rasakan dari oli ini, mesin terasa adem jika digunakan jarak jauh, dan penulis jarang sekali mengalami oper heat semenjak menggunakan oli ini. Padahal sudah digunakan beberapa bulan namun ada sedikit kekurangan yang penulis rasakan dari oli ini, perpindahan gigi tidak sehalus menggunakan oli motul.
4. Top 1
Penulis pernah menggunakan oli merk ini, yang penulis rasakan dari oli ini memiliki daya tahan cukup baik apalagi jika sobat jarang mengganti oli mesin, penulis menyarankan menggunak merk top1. Karena penulis mengalami hal cukup aneh ketika itu penulis mengganti oli setelah 2 bulan pemakaian, namun pas olinya dibuang ternyata masih bersih atau tidak menghintam. Namun untuk masalah performa sepertinya tidak ada yang special.
5 BM1 PC1300
Oli ini kurang terkenal ya di masyarakat, karena kalau dilihat di iklan-iklan juga jarang banget tampil, tidak seperti merk lainya. Namun untuk kualitas, penulis merasakan cukup baik dan bisa dibilang sekelas lah sama enduro racing. Untuk harganya sendiri tidak beda jauh dengan enduro namun agak sedikit mahal aja. Tapi penulis sendiri tidak terlalu cocok dengan oli satu ini, masih lebih betah menggunakan shel AX7.

Baca : Cara Daftar Uber Online 2018 | Langsung Aktif

Penulis Sendiri menyarankan sebaiknya sobat membeli oli mesin ditempat terpercaya sebab saat ini banyak sekali oli palsu yang beredar dan juga artikel yang penulis tulis diatas adalah hasil dari penggunaan oli yang pernah penulis gunakan. Mungkin perbedaan bisa saja terjadi pada motor sobat. Karena kalau penulis bilang oli itu sangat berpengaruh atau cocok-cocokan.
loading...


Ok sob mung itu sedikit artikel tentang Oli Mesin yang Baik atau Bagus Buat Motor Januari 2017 yang bisa penulis sampaikan. Semoga artikelnya bermanfaat ya sob dan jangan lupa baca artikel lainya seperti Cara Mudah Mengatasi Oli mesin Bocor atau Tekor dan baca juga artikel tentang Cara Merubah Setelan Oli Samping Kawasaki Ninja 150RR. Terimakasih





EmoticonEmoticon