-->
logo blog

Cara Menyetel Ulang Klep Suzuki Satria F150 Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Cara Menyetel Ulang Klep Suzuki Satria F150 Dengan Mudah. Karena jika kendaraan yang sobat gunakan sudah memiliki umur pakai tentunya sobat wajib menyeting ulang bagian klepnya dan biasa jika klep sudah kendor akan terdengar bunyi agak kasar dibagian sektor mesin.

Klep atau katup dalam sebuah mesin pembakaran dalam berfungsi sebagai pengatur masuknya campuran bahan bakar dan keluarnya gas hasil pembakaran. Celah antara katup dengan dan pematuk perlu disesuaikan dengan spesifikasi yang ada. Biasanya pada sepeda motor celah katupnya adalah 0,05 mm hingga 0,15 mm. Untuk mengukurnya dibutuhkan alat yang bernama feeler gauge.

Lalu apa akibatnya jika celah tersebut terlalu besar atau terlalu kecil? Secara logika jika misalnya celah katup masuk terlalu besar maka akan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menekan katup sehingga katup terlambat membuka akibatnya jumlah campuran bahan bakar yang masuk kurang dari seharusnya.

Dan kasus ini bisa ditengarai dengan suara gemercik dari bagian atas mesin (kepala silinder). Sedangkan sebaliknya jika katup masuk terlalu sempit maka pada saat proses pembuangan gas buang bisa masuk ke intake manifold dan bisa ditengarai dengan warna hitam pada intake manifoldnya. Intinya jika celah katup tidak tepat berdampak pada performa mesin yang dihasilkan.

Sebagian besar konstruksi katup pada sepeda motor menggunakan rocker arm sehingga penyetelanya dengan mengendurkan baut dan menyetel celah pada rocker arm tersebut. Namun ada juga yang menggunakan shim untuk melakukan penyetelah celah katup salah satunya pada Satria F 150. Nah shim tersebut mempunyai ketebalan yang berbeda-beda tinggal disesuaikan pada kebutuhan.

Misalnya jika digunakan untuk perjalanan jauh seperti touring mungkin lebih baik menggunakan celah yang lebih renggang karena tarikanya akan lebih enteng. Untuk menentukan ukuran shim yang akan digunakan bisa melihat pada table berikut ini :

Cara Menyetel Ulang Klep Suzuki Satria F150

  1. Lepaskan tutup kepala silinder dengan melepas baut berjumlah 4.
  2. Posisikan piston pada TMA (titik mati atas) dan dalam kondisi kompresi yang ditengarai dengan kedua katup dalam kondisi bebas. Pastikan juga lubang blok magnet tepat pada tanda T.
  3. Siapkan feeler gauge dan ukur celahnya dengan menyisipkanya dibawah noken as.
  4. Pada celah katup Satria F 150 standar adalah 0,1-0,2 mm untuk katup in dan 0,2-0,3 untuk katup ex (mesin dalam keadaan dingin)
  5. Jika didapatkan celah yang tidak sesuai lepaskan rumah shim dan noken asnya. Perhatikan angka yang tertera pada shim kemudian gantilah dengan yang sesuai.
  6. Sebagai contoh misalnya celah terukur 0,05 sedangkan standarnya adalah 0,1 dan shim yang digunakan berukuran 1.80, maka agar celah menjadi 0,1 shim diganti dengan ukuran 1.75.
Intinya sobat wajib melakukanya dengan teliti agar hasilnya maksimal dan sesuai sama yang diharapkan. Biasanya jika hasilnya maksimal, suara mesin akan kembali halus seperti sediakala. Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Cara Menyetel Ulang Klep Suzuki Satria F150 Dengan Mudah dan semoga artikel kali ini bermanfaat.

Jangan lupa juga sob, baca artikel lainnya di blog ini, seperti Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Banjir dan baca juga artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Stang Motor Bergetar atau Goyang Ketika Dikendarai. Terimakasih


EmoticonEmoticon