-->
logo blog

Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki Ninja 150RR

Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki Ninja 150RR
Bagi yang belum memiliki Kawasaki Ninja150RR dan ingin meminangnya mungkin sobat bisa melihat artikel ini untuk memberikan refrensi yang lebih jelas. Namun sebelum panjang lebar membahas Kawasaki Ninja 150RR, sobat perlu tau bahwa Ninja 150RR ini sudah tidak diproduksi lagi sebab terkait peraturan pemerintah tentang emisi gas buang EURO 3. Sangat disayangkan Ninja 150RR tidak masuk standar yang diterapkan pemerintah pada tahun 2015.

Namun PT KMI mengelurkan varian terbaru dari keluarga RR yaitu Kawasaki Ninja 250RR Mono. Bagi yang belum tau kelebihan Kawasaki Ninja 250RR Mono, sobat bisa membacanya di artikel Kelebihan dan Harga Ninja 250RR Mono vs Kawasaki Ninja 150RR. Penulis sudah mengulasnya cukup jelas di artikel tadi, sehingga sobat bisa tau kehebatan penerus keluarga RR.
Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki Ninja 150RR

Penulis sendiri memiliki Kawasaki Ninja 150RR keluaran tahun 2014 yang udah sedikit penulis modifikasi, bila temen-temen pengen melihatnya bisa langsung liat vidio nya Review Kawasaki Ninja 150RR. Walaupun Ninja 150RR sudah tidak di produksi lagi tapi penuli yakin masih banyak yang ingin meminang motor besutan Kawasaki ini.

Setelah beberapa lama penulis menggunakan Ninja 150RR tentunya lebih tau kekurangan dan kelebihan yang dimiliki motor besutan geng ijo ini. Untuk kelebihanya penulis sudah merangkumnya dibawah ini :
Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki Ninja 150RR

Kelebihan Kawasaki Ninja 150RR


  • Memiliki power yang sangat besar dengan karakter motor 2-tak sehinga Ninja 150RR berani diadu dengan motor 150cc lainya.
  • Desain bodi yang sangat sporty dan memiliki ciri khas motor sport.
  • Perawatan motor yang cukup murah untuk sekelas motor sport.
  • Di dukung teknologi Super Kips sehingga memberikan akselerasi luar biasa mulai dari rpm bawah hingga atas.
  • Untuk kenyamanan saat berkendara Kawasaki Ninja 150RR dibekali suspensi depan Telescopic Fork dan untuk suspensi belakang menggunakan Monoshock Suspension.
  • Di dukung dengan variasi yang sangat mudah didapatkan.
  • Memiliki ciri khas suara yang berbeda dari motor pada umumnya.
  • Hemat bahan bakar dan hemat oli samping dibandingkan produk motor 2-tak lainya.

Kekurangan Kawasaki Ninja 150RR

  • Super Kips mudah macet jadi harus sering dibersihkan.
  • Karburator sangat rentan tergores sehingga gas gampang sekali kabur atau nyangkut.
  • Mudah sekali oper heat bila melewati jalanan yang macet.
  • Tidak ramah lingkungan sebab tidak mendukung EURO 3.
  • Harga baru motor ini cukup mahal dengan mesin 150cc.
  • Tidak nyaman untuk boncengan dan memiliki kemudi yang cukup membuat tangan pegal atau cram.
  • Desain speedometer jadul untuk sekelas motor sport.
  • Harga onderdil cukup mahal.
  • Suara cukup berisik bagi yang tidak menyukai kecepatan.
  • Masih menggunakan mesin 2-tak.
  • Boros bahan bakar dan oli samping, namun menurut penulis tidak boros malahan sebanding sama tenaga yang dihasilkan.

Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki Ninja 150RR

Spesifikasi Kawasaki Ninja 150RR

  • Tipe mesin: 2 - langkah, 1 silinder, Cranked case, Reed Valve,KIPS, HSAS
  • Maksimum Power: 21 KW / 11.000 RPM, EURO II
  • Torsi Maksimum: 20 Nm / 9.000 RPM, EURO II
  • Karburator: Mikuni Vm 28
  • Diameter x Langkah: 59,0 x 54,4 mm
  • Volume Silinder: 149 cm3
  • Valve System: -
  • Sistem Bahan Bakar: -
  • Sistem Pengapian: -
  • Sistem Pendinginan: Pendingin dengan air
  • Perbandingan Kompresi: 6,9 : 1
  • Suspensi Depan: 41 mm Telescopic Fork
  • Suspensi Belakang: Monoshock Suspension
  • Rem Depan: Rem Cakram Twin Port
  • Rem Belakang: Rem Cakram Twin Port
  • Ban Depan: 90/90 - 17 49S Tube-Type
  • Ban Belakang: 110/80 - 17 57S Tube-Type
  • Panjang x Lebar x Tinggi: 1930 mm x 720 mm x 1095 mm
  • Jarak Poros Roda : 1.305 mm
  • Jarak ke Tanah : 145 mm
  • Berat: 134 kg
  • Kapasitas Bensin: 10.8 Liter
  • Jumlah Transmisi: 6 - Speed
  • Rasio Gigi Ke-1: 2.700 (27 / 10)
  • Rasio Gigi Ke-2: 1.706 (29 / 17)
  • Rasio Gigi Ke-3: 1.300 (26 / 20)
  • Rasio Gigi Ke-4: 1.091 (24 / 22)
  • Rasio Gigi Ke-5: 0.952 (20 / 21)
  • Rasio Gigi Ke-6: 0.864 (19 / 22)
  • Tipe System Final Drive: Chain Drive
  • Drive Rasio Keseluruhan: 7.874 @ Top Gear
  • Kapasitas Oli Samping: 0.8 Liter
  • Sistem Pelumasan Oli: Oil Injection
  • Kapasitas Coolant: 1.3 Liter
Gimana sob masih mau memilih Kawasaki Ninja 150RR untuk menemani aktifitas sehari-hari. Kalau pendapat penulis sendiri, motor ini sangat layak untuk dimiliki, mengingat desain dan teknologi yang diusungnya sangatlah mumpuni. Tentunya bagi penikmat kecepatan motor ini sangat layak dipinang sebab meski mesinnya masih bawaan pabrik namun tarikanya cukup membuat ciut pemiliknya.
loading...


Untuk urusan bahan bakar dan oli samping banyak sekali yang beranggapan bahwa motor ini sangat boros, tentunya bila dibandingakan dengan Honda Supra jelas pasti jauh berbeda, sebab dari cc nya aja udah berbeda. Memang Kawasaki Ninja 150RR ini tidak nyaman untuk digunakan harian karena alasan tertentu seperti tidak memiliki bagasi sehingga bila membawa barang bawaan sangat susah untuk menyimpannya, pengemudi mudah lelah dengan desain stang yang cukup pedek. 

Mungkin itu sedikit pandangan dari penulis tentang Kawasaki Ninja 150RR, bila ada yang berbeda pendapat itu adalah hal yang sangat wajar. Nah jika ada hal yang perlu ditambahkan silahkan coment disini. Terimakasih


EmoticonEmoticon