-->
logo blog

Cara Mudah Membetulkan kopling Selip dan Kurang Gentakan

Kopling salah satu part pendukung untuk menyalurkan tenaga, nah jika kopling bermasalah sudah dipastikan tenaga motor akan terasa sia-sia sebab motor tidak memiliki gentakan. Namun tidak usah khawatir, di artikel Cara Mudah Membetulkan kopling Selip dan Kurang Gentakan penulis akan membahasnya lebih mendalam. 

Jika motor sobat koplingnya bermasalah dikarenakan fiber koplingnya habis, tentunya akan berakibat terhadap hentakan ketika sobat berakselerasi, karena tenaga mesin ke gearbox tidak mampu disalurkan dengan maksimal. Lanjut pembahasan kopling nya ya sob, karena kopling sendiri dibagi menjadi dua, untuk lebih jelasnya lihat dibawah ini......

Kopling sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu :


1. Kopling Manual
Kopling manual cara kerjanya diatur oleh sebuah tuas yang biasa disebut handel kopling dengan cara menarik tuas kopling. Bila handel kopling pada batang kemudi bebas (tidak ditarik)maka pelat tekan dan pelat gesek dijepit oleh piring penekan (clutch pressure plate) dengan bantuan pegas kopling sehingga tenaga putar dari poros engkol sampai pada roda belakang. 

Sedangkan bila handel kopling pada batang kemudi ditarik maka kawat kopling akan menarik alat pembebas kopling. Alat pembebas kopling ini akan menekan batang tekan (pushrod) atau release rod yang ditempatkan di dalam poros utama. 

Pushrod akan mendorong piring penekan ke arah berlawanan dengan arah gaya pegas kopling. Akibatnya pelat gesek dan pelat tekan akan saling merenggang dan putaran rumah kopling tidak diteruskan pada poros utama, atau hanya memutarkan rumah kopling dan pelat geseknya saja.

2. Kopling Otomatis
Cara kerja pada kopling otomatis sebenarnya sama saja cuma pengoperasiannya tidak ditarik kabel kopling maupun ditekan cairan hidrolik. Tetapi mengandalkan kommponen kopling sentrifugal yang bekerja mengikuti kecepatan putaran mesin.

Cara kerjanya pada saat putaran mesin rendah (stasioner), gaya sentrifugal dan kampas kopling, pemberat menjadi kecil sehingga sepatu kopling terlepas dari rumah kopling dan tertarik ke arah poros engkol, akibatnya rumah kopling yang berkaitan dengan gigi pertama penggerak menjadi bebas terhadap poros engkol.

Saat putaran mesin bertambah, gaya sentrifugal semakin besar sehingga mendorong kanvas kopling mencapai rumah kopling di mana gayanya lebih besar dari gaya tarik pengembali. Rumah kopling ikut berputar dan meneruskan ke tenaga gigi pertama
yang digerakkan.

Gimana sob udah taukan perbedaan kopling manual dan otomatis...? kebanyakan kopling manual digunakan untuk motor sport sebab kopling manual lebih agresif daripada kopling otomatis. 

Penyebab Kopling Slip atau Kurang Gentakan

  • Plat kopling aus.
  • Rumah kopling aus.
  • Baut pengunci per kopling longgar/kendor.
  • Kanvas kopling Tipis.
  • Per kopling lemah.
  • Oli sudah encer lama gak di ganti.
  • Oli mesin terlalu banyak.

Cara Mudah Membetulkan kopling Selip dan Kurang Gentakan

  • Rumah kopling aus : coba untuk mencari alternatif kanvas kopling yang lebih tebal atau anda tambahkan satu plat kopling di double.
  • Baut pengunci per kopling longgar/kendor : Solusinya ya kencangkan kembali baut pengunci per tersebut.
  • Per kopling lemah : ganjal per kopling pake kawat yang dibentuk lingkaran, atau cari per payung. itu tuh payung buat hujan, ukur dan potong awas lingkaran per harus sama atau lebihin satu lingkaran. Namun bila pengen yang lebih praktis bisa menggunakan per kopling smash.
  • Kanvas kopling aus : jika tingkat keausan belum parah, anda bisa membentuk kembali celah2 di kanvas kopling. pake gergaji besi.
  • Plat kopling aus : coba anda amplas supaya menghasilkan bidang kasar, juga cari alternatif kanfas lebih tebal, atau pilih dan ganti yang aus saja.
  • Gunakan Oli Anti Slip Kopling : Coba gunakan oli yang ada Anti selip kopling nya seperti enduro shell ax7 dll setidaknya untuk meminimalisir selip kopling.
  • Kampas Kopling FR : bila sobat menginginkan kopling lebih nendang dan awet, sobat bisa menggunkan kampas kopling FR, Kampas FR bisa dipercaya lebih tahan lama karena kampasnya lebih tebal dan lebih kuat.
Nah mungkin itu sesikit artikel yang bisa penulis sampaikan, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa juga baca artikel lainya di blog ini. Seperti artikel tentang Cara Mengatasi Oli Mesin Bocor atau Tekor dan baca juga artikel Cara Mengecek Pengapian Motor Mati atau Rusak. Terimakasih


EmoticonEmoticon