-->
logo blog

Cara Mudah Menaikan Tenaga Motor Tanpa Bore Up Aman Untuk Harian

Banyak cara menaikan Performa motor tanpa harus selalu bore up, sehingga sangat aman untuk digunakan harian. Untuk masalah biaya itu mungkin bisa dibilang relatif ya..tergantung sobat membeli parts-parts nya yang bermerek atau yang standar. Nah dalam artikel ini penulis mau membahas tentang Cara Mudah Menaikan Tenaga Motor Untuk Harian Tanpa Bore Up.

Tidak bisa dipungkiri bila motor sobat pengen kenceng itu memang harus di bore up, namun jika motor sobat hanya untuk digunakan untuk harian tentunya sayang sekali ya. Bore up motor juga sebenernya hanya nafsu sesaat, sebab bila motor sobat udah di bore up tenaga yang dihasilkan menjadi kencang namun tidak bertahan lama apalagi bila motornya digunakan untuk harian.

Dipasaran sendiri bertebaran paket bore up, baik mulai dari blok seher aja atau udah fullset, dan enaknya juga bisa dipilih cc yang kita inginkan. Mulai dari 115 atau 200cc sekalian...namun semakin tinggi cc dan semaik besar kompresi nya sudah dipastikan minum nya juga mesti pertamax plus. Gak kebayang kan biaya buat bahan bakar jika digunakan harian.

Namun penulis sendiri menyarankan sebaiknya sobat menaikan tenaga dari hal-hal kecil saja yang penting enak untuk digunakan harian. Yuk langsung aja ya...

Cara Mudah Menaikan Tenaga Motor Tanpa Bore Up Aman Untuk Harian

1. Knalpot
Hal pertama yang sobat harus lakuin adalah mengganti pelepas pembakaran yaitu knalpot. Knalpot sendiri dipercaya mampu menaikan performa motor walau ga terlalu signifikan namun cukup menambah. Bila dilihat dari logika memang knalpot orginal memiliki catalytic atau skat di dalam knalpot yang berpungsi mengurangi emisi gas buang, namun catalytic juga memiliki kekurangan menghambat pelepas pembuangan pembakaran sehingga tenaga motor terasa terhambat. Apalagi di motor 2-tak, knalpot mempengaruhi banget tenaga yang dihasilkan.

2. Karburator
Hal kedua, yang perlu diperhatikan adalah bagian penyuplai bahan bakar yaitu karburator. Karburator sendiri berpungsi sekali di dalam kendaraan bermotor. Nah bila sobat ingin menaikan power motor dan ingin menambah panjang nafas motor tentunya penyuplai bahan bakar juga perlu di setting ulang baik pilotjet atau mainjet nya. Namun bila dirasa kurang maksimal sobat bisa mereamer nya untuk memperbesar diameter karbunya, mungkin itu salah satu cara, tapi lebih baik bila sobat membeli karburator berdiameter lebih besar daripada standarnya. Namun jangan terlalu besar ya sebab mesin atau kompresi nya masih standar, jangan sampai bahan bakar terlalu deras namun motor cuma mampu melahap sedikit sehingga berakibat menyisakan pembakaran diruang bakar.

3 Pengapian
Setelah knalpot diganti dan karburator diganti, lanjut menata atau mengatur ulang pengapian untuk memberikan daya pengapian lebih kuat daripada standarnya. Banyak sekali pilihan Cdi racing dipasaran, baik produk lokal atau produk luar, namun bila sobat menggunakannya untuk harian lebih baik memakai Cdi BRT. Cdi BRT sudah teruji dipasaran tanah air, baik dunia grasstrack, drag race atau road race. Untuk pemasangannya sendiri sangatlah mudah, tinggal plug and play. Penulis sendiri pernah memakai nya dan hasilnya cukup luar biasa.

3. Busi Racing
Ini juga hal yang cukup penting untuk menyempurnakan pembakaran, sangat disayangkan bila Cdi sudah racing namun businya masih standar. Busi racing sendiri memiliki kualitas api yang sempurna sehingga mempercepat pembakaran di dalam mesin. Banyak sekali busi bertebaran di tanah air tinggal sesuaikan saja dengan budget sobat.

4 Noken As
Bila motor sobat dirasa kurang bertenaga, sebaiknya mengganti noken as bawaan motor dengan noken as racing. Noke as sendiri berpungsi untuk mengatur buka tutup klep, sehingga noken as sangat berguna sekali untuk mendongkrak performa motor. banyak sekali ko noken as yang beredar dipasaran, seperti CLD atau Kawahara. So, tinggal sobat sesuaikan saja dengan selera dan budget.

Sebetulnya banyak sekali parts-parts penambah performa motor, namun ada baiknya sebelum melakuan hal lebih extrim, ada baiknya sobat berpikir dulu. Sebab penulis sendiri pernah melakuan full bore up pada kendaraan yang penulis gunakan sehari-hari namun hasilnya motor sering mengalami troubel dan kencannya juga tidak bertahan, yang ada keuangan menjadi tidak stabil.

Mungkin itu sedikit artikel yang bisa penulis sampaikan, semoga bermanfaat ya...jangan lupa baca juga artikel tentang Kelebihan Memberan Vforce dan baca juga artikel tentang Cara Memilih Knalpot Racing Ninja 150RR. Terimakasih











EmoticonEmoticon