logo blog

Cara Mengatasi Shockbreaker Depan Keras dan Cara Mudah Memperbaikinya

Kali ini saya mau membahas artikel sederhana dan mudah-mudahan bermanfaat, banyak sekali temen-temen yang ngerasain sok depannya keras. Namun banyak sekali faktor terjadinya shock depan keras. Di artikel Cara Mengatasi Shockbreaker Depan Keras dan Cara Mudah Memperbaikinya semoga menjadi panduan sobat untuk memperbaikinya.

Shockbreker depan sendiri memiliki beberapa jenis, namun yang umum digunakan di motor harian adalah shockbreaker yang memiliki tabung atau slongsong shock dibagian bawah. Seperti yang penulis bahas diatas, banyak sekali faktor atau penyebab shockbreaker menjadi keras. Gak kebayang kan kalau sobat menggunakan motor namun shocknya bermasalah.

So, sobat harus tau dulu komponen apa saja, penunjang agar shckbreaker enak atau nyaman untuk dikendarai. Ok lanjut ya membacanya sampai tuntas.....

Komponen Penunjang atau Parts Pendukung Shockbreaker

  • Pipe com / as shock. 
  • Buttom Case.
  • Per shock.
  • Oil Shock.
  • Seal Shock.
Nah itu dia parts pendukung agar shockbreaker depan bekerja menjadi maksimal, bila salah satu parts mengalami kerusakan tentunya pungsi shock menjadi tidak sempurna atau tidak stabil untuk digunakan. Nah apa saja sih faktor yang sering mengalami kerusakan, liat dibawah ini ya...

Cara Mengatasi Shockbreaker Depan Keras dan Cara Mudah Memperbaikinya

  • Oli Shockbreaker udah kotor atau mengental - Ini salah satu penyebab shockbreaker menjadi keras, Nah sebaiknya sobat wajib menservice nya secara berkala untuk menjaga agar oli nya tetap prima.
  • Oli seal bocor - Hal yang ini perlu sobat perhatikan, karena hal ini beresiko merusak as shockbreaker dan juga bisa mengurangi takaran oli nya, sehingga kerja shockbreaker menjadi tidak stabil. Bila terlihat oli keluar dari sela-sela seal, sebaiknya sobat menggantinya.
  • Kerikil - Kerikil juga dapat melukai lapisan as dan dapat merusak seal sobreker. Untuk mengantisipasinya, sobat selalu membersihkan asnya jika sehabis berkendara disaat hujan.
  •  Oli - Terlalu banyak oli juga sangat mempengaruhi kekerasan shock, sebaiknya perhatikan saat mengganti oli shock nya.
  • As Shockbreaker bengkok - Apabila as shockbreaker bengkok tentunya mengakibatkan pergerakan shock menjadi terhambat dan menjadikan reebountnya menjadi tidak maksimal. Untuk mengantsipasinya sebaiknya sobat menggantinya supaya tidak merembet ke parts lainya.
Itu mungkin penyebab shockbreaker menjadi keras, untuk memberikan daya redam lebih nyaman daripada standarnya, penulis akan memberikan tips yang pernah penulis alami, untuk itu baca terus sampai akhir ya....

Tips Agar Shockbreaker Depan Lebih Empuk

  • Hal pertama, sobat bisa  mengecilkan lubang suling untuk menahan derasnya aliran oli di dalam shock. Ini biasanya dilakukan di motor balap grasstrack, agar memberikan pantulan atau rebound lebih lambat. Untuk pengerjaanya sendiri dibutuhkan orang profesional agar hasilnya maksimal.
  • Hal kedua, sobat bisa menggunakan per yang lebih rapat, gunanya agar daya pantulan lebih stabil dan memberikan daya rebound lebih lembut daripada standarnya.
  • Hal ketiga, Ganti oli shock bila dirasa shockbreaker sudah tidak enak digunakan. Sebaiknya sobat atur ukuran oli nya, bisa lihat tabel dibawah ya....
  • Terakhir, ganjal ring. Meski tak terlalu disarankan, namun beberapa mekanik memperbolehkan dengan syarat. Yaitu, pakai ring (washer) orisinal yang tak mudah terkikis. Sebab gram-gramannya bisa menyumbat lubang suling bahkan bisa merusak sil dan as sok.
Biasanya bila oli shockbreaker depan kurang oli, motor akan terasa goyang bila dijalanan rusak atau terasa ketika dibelokan, seperti ban kempes. Namun bila shockbreaker terasa keras, besar kemungkinan oli shockbreaker terlalu banyak. Sebaiknya sobat mengganti oli shock nya sesuai anjuran ya. Untuk takarannya, bisa lihat tabel dibawah ini.
Baca : Cara Daftar GojekCara Daftar Grabbike dan Cara Daftar Uber Online

Volume Oli Shockbreaker Depan

Volume Oli Shock Depan Honda
GRAND52 ML
SUPRA  X/FIT64 ML
KARISMA68ML
KIRANA70ML
VARIO75ML
GL 100/ GL 12580ML
WIN81ML
GL PRO/ MAX157ML
MEGA PRO159ML
NEW MEGA PRO163ML
TIGER126ML
NEW TIGER135ML
CS 154.5ML
BEAT76ML
BLADE65.5ML
NEW REVO 11065.5ML
Volume Oli Shock Depan Yamaha
Vega R61 ml
Vega ZR67 ml
Jupiter Z61 ml
Jupiter MX64 ml
Vixion230 ml
Scorpio spoke252 ml
Scorpio CW244 ml
RX king177 ml
Mio Soul / Mio53 ml
New Mio60 ml
Nouvo63 ml
Volume Oli Shock Depan Suzuki
Shogun 125 / F1 / Smash51 ml
Spin / Skywive / Skydrive55 ml
Satria F103,5 ml
Thunder 125150 ml
Thunder 250250 ml
Volume Oli Shock Depan Kawasaki
Blitz52,7 ml
Kaza52,3 ml
Kaze ZR64 ml
Ninja 250310 ml
BAJAJ
Pulsar 180145 ml
Pulsar 200165 ml
XCD 125145 ml
Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat ya sob dan janga lupa baca artikel lainya, seperti Cara Merawat Ninja Agar Tetap Prima dan Baca juga Kelebihan Menggunakan Cdi Racing. Terimakasih


EmoticonEmoticon