-->
logo blog

Cara Membersihkan Blok dan Head Kawasaki Ninja 150RR Dengan Mudah

Kawasaki Ninja 150RR memiliki tenaga yang sangat mumpuni baik diputaran bawah sampai atas dan didukung dengan teknologi Superkips sehingga motor besutan Kawasaki ini menjadi motor 2-tak terlaris di pasaran tanah air. Tidak sampai disitu motor Kawasaki Ninja 150RR mempunyai desain bodi yang sangat sporty tentunya sangat wajar bila motor ini sangat digandrungi kaula muda. Nah kali ini penulis sendiri mau share Cara Membersihkan Blok dan Head Kawasaki Ninja 150RR  Dengan Mudah.

Sebenernya tidak ada trik khusus untuk membersihkan blok dan Head head Ninja 150RR, hanya diperlukan sedikit nyali dan pastinya harus didukung peralatan atau kunci-kunci untuk memudahkan saat sobat membongkarnya. Untuk membongkar head motor 2-tak bisa dibilang minim sekali kerumitanya tidak seperti motor 4-tak yang harus menyeting ulang klep dan sebagainya.


Kalau menurut penulis, membersihkan head itu wajib sekali hukumnya sebab semakin lama motor digunakan pastinya sisa-sisa pembakaran atau kerak-kerak semakin banyak menempel di head. Terjadinya penumpukan sisa pembakaran bisa disebabkan jarak pakai motor atau yang sering terjadi diakibatkan karena tidak pas setingan bensin dan oli samping.

Terlalu besar keluarnya bensin dan oli samping mengakibatkan penumpukan sisa-sisa pembakaran di ruang bakar. Nah bila sobat mengganti pilot jet dan mainjet sebaiknya di ukur dulu sama kebutuhan motor, biar tidak terjadi menyisakan sisa pembakaran. Untuk mengeceknya sobat bisa melihat dari warna busi, bila kepala busi berwarna hitam dan basah itu tandanya bahan bakar terlalu boros. Untuk patokan pembakaran yang sempurna biasanya busi berwarna merah bata.

Mudah-mudahan gak bt ya sob baca artikel nya, hehe....ya udah langsung aja deh ke pokok permasalahanya. Untuk persiapan kunci-kunci nya sendiri bisa dilihat dibawah ini ya sob.......


Kunci-Kunci Untuk Membongakar Head Kawasaki Ninja 150RR

  • Kunci T8,T10, T12, T14.
  • Kunci Ring 8.10,12,14
  • Kunci Pas 8,10,12,14.
  • Kunci L satu sett.
  • Obeng + dan obeng -.
  • Kunci Tang.
  • Carbucleaner
  • Ampelas halus.
Setelah semuanya tersedia, sobat bisa membongkarnya dengan cukup mudah...yang penting harus berhati-hati. Langsung aja ya cek tutorial dibawah ini...

Tutorial Membuka Head Kawasaki Ninja 150RR

  • Buka penutup kips sebelah kiri dan kanan menggunakan kunci T8, terdapat tiga baud pada penutup kiri dan kanan.
  • Buang Dulu air Radiator atau Water Collent di sebelah kanan mesin atau dibagian blok kopling, menggunakan kunci Ring 10. Jangan lupa sambil dibuka penutup tempat penyimpanan air radiator biar benar-benar kering.
  • Setelah itu sobat bisa membuka baut penutup super kips, terdapat 2 baut, untuk membukanya bisa menggunakan kunci ring 12.
  • Lanjut buka selang radiator yang menempel di head, bia menggunakan obeng +.
  • Buka busi nya mengunakan kunci busi bawaan motor.
  • Sekarang sobat lanjut membuka baut pengunci head, terdapat 5 baut, untuk membukanya bisa menggunakan kunci ring 12.

  • Setelah ke 5 baud pegunci head semuanya terlepas, sobat bisa mengangkat head secara perlahaan.
  • Lanjut, buka penahan blok menggunakan kunci shok 14.
  • Setelah itu buka ke 5 baut penahan blok menggunakan kuci ring 12. terdapat 1 baut di sebelah kiri di dalam penutup kips, dan 1 baut di dalam kips sebelah kanan. Setelah semua baud terbuka, sobat bisa mengangkat secara perlahan.

Gimana sob mudah bukan? namun sebelum sobat membukanya sebaiknya persiapkan dulu o ring atau paking, ditakutkan paking atau o ring lama rusak. dan untuk membersihkanya sobat bisa menggunakan carbucleaner dan amplas alus. Namun untuk dibagian dinding slinder sebaiknya hanya di lap kain halus, jangan coba-coba mengunakan ampelas karena bisa merusak lapisan teplon nya.

Untuk lubang-lubang di dalam blok sobat bisa membersihkannya juga menggunakan carbucleaner namun setelah itu sobat harus membilasnya menggunakan bensin, sebab carbucleaner suka mengembun air.

Pasti sobat bingung, ko ga sekalian tutorial membersihkan super kips ????, nah untuk membersihakan super kips sobat bisa melihat artikel Cara Cepat Mengatasi Super Kips Macet.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat ya sob, baca juga artikel Mengatasi Suara Mesin Ninja 150RR Kasar. Terimakasih




EmoticonEmoticon