-->
logo blog

Cara Mengoptimalkan Lampu HID Dengan Cara Merubah Kelistrikan AC ke DC

Pada artikel ini penulis akan membahas Cara Mengoptimalkan Lampu HID Dengan Cara Merubah Kelistrikan AC ke DC. Mungkin ada yang masih bingung perbedan pengapian AC dan DC pada kendaraan roda dua. Sebelum membahas lebih jauh penulis akan membahas perbedaan antara kedua pengapian ini.

Kelistrikan AC pada motor adalah kelistrikan lampu motor mengikuti putaran mesin dimana jika mesin motor menyala barulah lampu motor dapat menyala. Sedangakn kelistrikan DC pada motor adalah kelistrikan lampu sepeda motor tidak mengikuti putaran mesin sehingga lampu motor dapat dinyalakan pada saat mesin motor tidak dihidupkan sehingga menghasilkan cahaya yang lebih stabil karena tidak mengikuti putaran mesin.

Gimana sob udah tau kan perbedaan antara kelistrikan AC dan DC....? So, jika sobat ingin memaksimalkan lampu HID pada motor AC, sebaiknya sobat merubah pengapiannya ke DC. Untuk merubah pengapian AC ke DC tidak perlu orang profesinal ko, malahan sobat juga bisa melakukanya di rumah yang penting dibutuhkan sedikit ketelitian.

Yuk langsung saja ikutin tutorila yang penulis buat dibawah ini dan juga peralatan yang perlu dipersiapkan agar dapat menunjang pekerjaan sobat merubah kelistrikan AC ke DC.

Peralatan Untuk Merubah Pengapian AC ke DC

  • Test pen dc.
  • Isolasi yang kuat.
  • Pisau Cutter.
  • Kabel-kabel sesuai kebutuhan.

Tutorial Merubah Pengapian AC ke DC

  1. Tentukan kabel mana dan warna apa yang mengisi jalur lampu depan. Untuk mencari tahu kabel tersebut sobat dapat membuka switch yang berperan sebagai sakelar untuk menghidupkan lampu kecil [low beam] dan lampu high beam [high beam]. Pada umumnya untuk sepeda motor honda berwarna kuning, sepeda motor yamaha berwarna kuning dan suzuki biasanya berwarna kuning dan putih.
  2. Selanjutnya sobat harus mencari tahu socket yang menghubungkan dari sisi bawah ke lampu besar.
  3. Kabel untuk lampu depan tadi dapat dilepas dari socket tersebut pada bagian sekunnya dengan dicongkel menggunakan obeng min. Setelah sekun berhasil terlepas, segera sambungkan kabel yang yang menuju sakelar on/off lampu ke aki dan dapat juga dijumper ke kunci kontak.
  4. Lakukan dengan teliti dan jangan sampai salah dalam menyambung kabel-kabel tersebut karena pada umumnya ada dua kabel dan pilih yang BIASANYA berwarna hitam untuk sepeda motor honda, kuning dengan garis oranye untuk sepeda motor suzuki dan merah bergaris hitam untuk sepeda motor yamaha.
  5. Setelah langkah-langkah diatas selesai dilakukan, sobat dapat mulai memasang kiprok (bila perlu) dan kabel yang sebelumnya disambungkan jangan lupa untuk diisolasi untuk menghindari korsleting.
  6. Selanjutnya sobat harus memeriksa voltase yang dihasilkan apabila ketika hid motor dinyalakan apabila diatas 12.4V maka bisa dipastikan aki sepeda motor anda akan awet dan tidak akan tekor.
Setelah semuanya selesai, maka lampu HID nya menyala lebih maksimal daripada ketika menggunakan pengapian AC. Namun segala resiko yang diakibatkan perubahan kelistrikan ditanggung sendiri ya sob hehehe. 

Mungkin itu sedikit artikel tentang Cara Mengoptimalkan Lampu HID Dengan Cara Merubah Kelistrikan AC ke DC yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan ini dan semoga bermanfaat ya. Tidak lupa juga baca artkel lainya seperti Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan Lampu HID, LED dan Halogen dan baca juga artikel lainya seperti Cara Mengecek Pengapian Rusak atau Mati. Terimaksih


EmoticonEmoticon