-->
logo blog

Kelebihan Menggunakan Pertamax di Motor Injeksi

Bahan bakar adalah salah satu hal yang sangat penting untuk kendaraan, sebab semahal apapun motornya jika tidak ada bahan bakarnya, sudah bisa dipastikan motor yang mau kita gunakan tidak akan hidup. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Kelebihan Menggunakan Pertamax di Motor Injeksi.

Untuk saat ini memang bahan bakar premium sudah tidak di produksi lagi karena kandungan oktan yang ada di bahan bakar premium sudah tidak memenuhi standar sehingga pihak pemerintah menggantinya dengan bahan bakar pertalite. Namun kata sebagian orang bahan bakar Pertalite kurang bagus malahan ada yang beranggapan motor menjadi lebih panas dari biasanya.

Namun itu juga hanya sekedar perasaan saja atau memang benar karena penulis sendiri tidak pernah menggunakan pertalite baik di motor matic atau di moge. Injeksi adalah teknologi yang diterapkan baru-baru ini hampir disemua motor keluaran terbaru dari semua pabrikan, tentunya teknologi injeksi ini memiliki kelebihan daripad karburator.

Namun jangan salah teknologi injeksi sendiri memiliki kekurangan yang cukup membuat pemilikinya harus keluar uang lebih dalam. Penulis kasih contoh, jika di tangki bahan bakar ada sedikit kotoran makan motor tidak mau hidup dan jika pompa injeksinya rusak mau tidak mau pemiliknya harus menggantinya, sebab parts injeksi tidak bisa diperbaiki.

Maknya setiap beberapa bulan sekali motor injeksi selalu dibersihkan tangki bahan bakarnya agar salurannya tidak mampet, namun yang bikin heran biaya service untuk membersihkanya sekitar Rp.60000,-. Nah  lumayan mahal kan sob.....? Makanya itu penulis menyarankan agar menggunakan bahan bakar yang sudah jelas kualitasnya. Oke deh kita bahas Kelebihan Menggunakan Pertamax di Motor Injeksi......

Kelebihan Menggunakan Pertamax di Motor Injeksi


  • Hemat bahan bakar - Hal yang penulis rasakan ketika menggunakan bahan bakar pertamax adalah motor lebih hemat bahan bakar namun hasil ini mungkin tidak 100% benar namun perasaan penulis merasakan hal demikian. Namun untuk masalah keiritan, sudah banyak testimony dan pengakuan dari para konsumen bahan bakar Pertamax ini yang mengklaim bahwa motor mereka menjadi lebih irit dibandingkan menggunakan bahan bakar jenis Premium. Hal ini disebabkan oleh sifat dari Pertamax yang sulit untuk terbakar, yang membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran lebih sempurna sehingga mengurangi kemungkinan bahan bakar yang mudah habis terbakar sebelum kembali pada posisi TMA, yang berujung pada detonasi atau dikenal dengan istilah ngelitik.
  • Akselerasi lebih maksimal -Salah satu keunggulan dari bahan bakar jenis Pertamax ini adalah lebih sempurna dalam proses pembakaran yang terjadi pada mesin motor. Dengan sifatnya yang lebih sulit terbakar dibandingkan premium, Pertamax mampu membuat proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar menjadi lebih efisien. Dengan efisiensi ini, maka proses pembakaran yang terjadi pun akan menjadi lebih baik. Dengan permbakaran yang sempuran tentunya motorpun akan mudah berakselerasi lebih maksimal.
  • Mesin lebih adem - Ini hal yang paling penulis sukai dari bahan bakar pertamax, mesin motor lebih adem karena memang hal ini diakibatkan dari peningkatkan RON atau Research Octane Number menjadi 92, Pertamax menggunakan tambahan zat – zat aditif yang berguna selain untuk menambah nilai RON, juga dapat menambah performa dari mesin motor namun mesin tetap adem. Zat – zat aditif ini ditambahkan sesuai dengan hasil riset dari Pertamina, dan tentunya memiliki kualitas bahan bakar yang tidak diragukan lagi.
  • Tangki bahan bakar tidak mudah kotor - Dengan menggunakan bahan bakar Pertamax maka bahan bakar ini akan menjaga bagian tangki dan injector yang bertugas untuk menyemprotkan bahan bakar, yaitu nozzle menjadi tetap bersih dan tidak akan tersumbat. Bila Tangki dan Injector bersih hal ini akan memberikan efek positif bagi ketahan umur part-parts didalam injeksi.
  • Busi lebih awet - Pembakaran yang baik bisa dilihat dari kepala busi tidak basah. Menurut penulis penggunaan bahan bakar yang baik tentunya akan mempengaruhi umur pakai busi, jujur aja selama 2 tahun menggunakan motor injeksi dan menggunakan bahan bakar pertamax penulis sekalipun belum pernah ganti busi.
  • Tanpa timbal - Bahan bakar Pertamax juga tidak ada kandungan timbal dan logam lainya sehingga lebih ramah terhadap lingkungan dan tentunya mesin motor lebih awet.
  • Performa lebih baik dan responsif - Dengan pembakaran yang lebih sempurna, penambahan zat aditif serta kualitas pada bahan bakar yang baik dan terjamin akan membuat motor memiliki performa yang lebih baik dan lebih responsive. Sehingga putaran gas pada motor akan terasa lebih enteng dan beban kerja mesin juga akan dirasakan menjadi lebih ringan.
Penggunaan bahan bakar Pertamax pada motor injeksi sangat berpengaruh sekali terhadap kelangsungan umur pakai part-part di dalam injeksi. Penulis sendiri menyarankan agar selalu menggunakan bahan bakar tanpa timbal, disamping baik untuk kelangsungan part-part motor namun tentunya lebih ramah terhadap lingkungan.

Ok sob mungkin itu sedikit artikel tentang Kelebihan Menggunakan Pertamax di Motor Injeksi dan semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa juga baca artikel lainya seperti Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Brebet ketika di Gas dan baca juga artikel lainya seperti Tips dn Trik Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bahan bakar atau Bensin


EmoticonEmoticon