-->
logo blog

Peyebab dan Cara Mudah Mengatasi Mesin Motor Panas Berlebihan atau Operheat

Halo guys, apa kabarnya.....? Kali ini penulis akan membahas artikel tentang Peyebab dan Cara Mudah Mengatasi Mesin Motor Panas Berlebihan atau Operheat. Mungkin panas karena diakibatkan perjalan jauh sih itu hal yang sangat wajar namun jika panasnya berlebihan mungkin itu tidak wajar. 

Karena jika mesin sobat mengalami panas berlebihan atau operheat tentunya akan berakibat fatal, nah sebelum itu terjadi sebaiknya sobat wajib menjaganya karena menjaga lebih baik daripada mengobati. Kerusakan yang sering terjadi pada mesin motor diakibatkan dari pemiliknya tidak meperhatikan atau sering menyepelekan hal-hal kecil.

Seperti jarang ganti oli, nah mungkin ini hal sepele namun akan berimbas pada kerusakan yang cukup parah dan tentunya dibutuhkan biaya cukup besar untuk memperbaikinya. Makanya itu, penulis menyarankan sobat wajib mengganti oli secara berkala. Namun sebetulnya banyak sekali faktor terjadinya mesin mengalami panas berlebihan.

Lalu apa saja sih yang perlu diperhatikan agar motor tetap prima dan tidak mengalami panas berlebihan.....? Utuk jawabanya simak artikel ini sampai tuntas ya sob.....

Cara Mudah Mengatasi Mesin Motor Panas Berlebihan

  • Oli -
    Faktor yang sering terjadi diakibatkan telat atau jarang mengganti oli mesin sehingga mesin  bekerja lebih extra daripada biasanya. Karena oli sendiri memiliki jarak masa pakai, semakin lama digunakan tentunya kadar adiktif  di dalam oli semakin menurun dan kekentalan olipun semakin tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Bisa dibayangkan jika oli mesin terlalu kental tentunya pergerakan mesin menjadi terhambat sehingga ujungnya mesin akan mengalami panas berlebihan.
  • Mesin Bore Up -
    Mungkin ini tidak semua orang mengalaminya namun sengaja penulis tulis karena mungkin ada temen - temen lain yang mengalaminya. Bore up motor memang hal yang menarik dan bisa dibilang hal yang mampu memuaskan pemiliknya namun hal ini sangat banyak sekali kerugianya, apalagi jika dugunakan sehari-hari. Hal pertama, bahan bakar menjadi boros, hal kedua parts dalam mesin menjadi mudah rusak dan yang peling sering terjadi motor mudah sekali panas diakibatkan seher yang digunakan lebih besar daripada bawaanya. Ujung-ujungnya oli mesin cepet abis karena kemakan seher besar dan lebih parahnya motor gampang macet atau ngejim.
  • Kampas Kopling -
    Hal ketiga juga sangat mempengaruhi kinerja mesin, jika fiber kopling sobat sudah habis tentunya mesin akan bekerja lebih berat dibandingkan biasanya. Hal yang sering ditimbulkan tenaga motor menjadi berat dan mesin mengalami panas berlebihan. Untuk menjaga hal ini terjadi sebaiknya sobat megganti kampas koplingya suapaya tidak merembet ke bagian mesin lainya.
  • Filer Udara Kotor -
    Filter udara berguna untuk menyaring udara kotor supaya tidak masuk keruang pembakaran. Namun jika jarang diganti hal ini dapat menyebabkan udara bersih yang masuk ke ruang pembakaran menjadi terhambat sehingga motor menjadi tidak bertenaga dan biasnya pemiliknya terus memaksakan motor tetap berjalan seperti biasanya. Namun jika hal ini terus menerus terjadi mesin akan mengalami penurunan kualitas dan dapat berakibat operheat pada mesinya. So, sebaiknya sobat rajin membersihkan filter udaranya namun untuk fiter udara dari bahan kertas tidak dapat dibersihkan melainkan harus diganti.
  • Karburator -
    Karburator adalah jantung pada kendaraan roda dua atau empat, kerja karburator untuk menyuplai bahan bakar keruang pembakaran. Namun jika karburator kotor atau kemasukan air akan berakibat bahan bakar menjadi tidak setabil masuk ke ruang pembakaran, biasanya gejala yang dirasakan motor akan mengalami brebet ketika di gas dan lebih parahnya lagi motor tidak akan hidup. Namun jika ini terus dibiarkan motor akan mengalami kerusakan dan mesin akan mengalami panas berlebihan karena mesin tidak bekerja maksimal. Untuk perbaikanya sobat bisa membuang bahan bakar yang ada didalam karburator melalui lubang pembuangan namun lebih baiknya sobat bisa membongkar karburatornya.
  • Radiator -
    Untuk motor keluaran terbaru hampir semuanya menggunakan radiator untuk mendinginkan mesin, namun hampir semua penggunanya tidak pernah mengecek kesehatan radiatornya sehingga kebanyak kerusakan yang terjadi diakibatkan air radiator habis. Jika hal ini terjadi motor akan mudah sekali panas dan berujung motor akan mati sendirinya. Untuk itu sobat wajib memeriksa air radiator dan wajib menggunakan water coolant, jangan menggunakan air biasa karena akan berakibat radiator mudah berkarat.
  • Kerapatan Piston - 
    Posisi piston dalam silinder yang terlalu rapat akan membuat seher dan piston tidak bisa bergerak secara leluasa dan dapat menghambat saluran pelumasan oli. Hal ini dapat dipastikan bisa membuat mesin menjadi cepat panas. Hal yang sama juga dapat menyebabkan piston berpotensi merusak blok mesin. Apabila setelan piston tidak sesuai, lebih baik bawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan setelan yang sesuai dengan standar pabriknya.
  • Kipas Radiator -
    Untuk yang terkahir, cek kondisi kipas radiator karena hal ini sangat mempengaruhi suhu air didalam radiator. Kipas radiator akan berpungsi jika mesin mengalami panas berlebihan atau operheat. Kipas radiator sangat berperan penting untuk mendinginkan mesin sehingga sobat wajib memeriksa kondisinya. Namun jika motor sobat keluaran lama pastinya tidak di dukung kipas pendingin, namun alangkah baiknya bila sobat memasangnya.
Banyak sekali faktor atau penyebab mesin mengalami panas berlebihan namun jika sobat rajin merawatnya penulis yakin hak itu akan minim terjadi. Namun jika tidak dijaga dengan baik tentunya akan berakibat parts di dalam mesin menjadi mudah rusak walau tidak secara langsung namun seiring bergulirnya waktu hal itu bisa terjadi.

Mungkin itu sedikit artikel tentang Peyebab dan Cara Mudah Mengatasi Mesin Motor Panas Berlebihan atau Operheat yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini dan jangan lupa baca artikel lainya seperti Cara Cepat Mengatasi Ninja RR Operheat dan baca juga artikel tentang Tips dan Trik Mengatasi Motor Susah Hidup. Terimakasih



EmoticonEmoticon