-->
logo blog

Gejala dan Cara Mengatasi Komstir Rusak


Motor baru mungkin jarang sekali mengalami komstir bermasalah namun lamanya waktu pasti akan mengalaminya juga. Kerusakan pada komstir tidak hanya terjadi karena kurangnya perawatan atau gaya berkendara, namun bisa juga disebabkan karena umur pakai motor. Pada kesempatan ini penulis akan membahas artikel tentang Gejala dan Cara Mengatasi Komstir Rusak.

Kerusakan komstir bisa disebabkan karena keteledoran pemilikinya, misalkan sering ngrem mendadak atau sering masuk lubang jalanan. Sehingga lama kelamaan komstir akan mengalami luka atau baret. Gejala komstir biasanya saat belok terasa berat dan bila cukup parah biasanya saat belok motor terasa ngebuang.

Kadang untuk kerusakan komstir suka dianggap laher roda yang rusak. Untuk itu penulis akan 
memberikan informasi gejala yang sering terjadi jika komstir rusak, suapaya tidak salah sasaran ya sob. Untuk gejala komstir rusak bisa sobat lihat dibawah ini :

Gejala Komstir Motor Rusak :

  • Stang motor terasa kaku. Komstir yang sudah rusak menyebabkan leher stang terasa kurang stabil. Stang motor bisa bergerak tanpa arah jadi stang terasa kaku ketika digunakan.
  • Getaran ban semakin terasa di tangan. Semakin terasanya gataran ban di motor akibat stang yang seharusnya statis menjadi tidak stabil. Sehingga getaran semakin teras
  • Stang motor oblak atau terasa mau copot. Salah satu efek jika komstir rusak adalah stang motor yang terasa mau copot, sebenarnya ini efek komstir yang tidak mampu lagi menstabilkan stang motor. Biasanya stang motor akan bisa di gerakkan ke depan dan ke belakang.
  • Rem kurang pakem. Akibat dari komstir rusak rem jadi kurang pakem. Penjelasannya,Ketika di lakukan pengereman akan ada sedikit jeda sebelum roda berhenti.
Untuk itu, hal yang pertama sobat lakukan adalah coba mengencangkan dulu komstir nya namun jika masih berat coba sobat buka rumah komstirnya lalu cek apakah mangkoknya baret atau tidak. Namun jika mangkok komstir tidak baret ada kemungkinan hanya perlu dikasih gemuk.

Namun jika sudah dipasang masih terasa berat dan apalgi jika di rem depan masih terdengar bunyi dug atau terasa oblak berarti ball bearing nya sudah aus. Jika hal itu terjadi, berarti sobat wajib menggantinya dengan yang baru namun penulis menyarankan jangan beli komstir abal-abal karena hasilnya tidak maksimal.

Oleh karena itu beli produk orginal supaya hasilnya maksimal dan tahan lama. Untuk harganya juga tidak terlalu mahal ko sob. Penulis sendiri pernah mengganti komstir Kawasaki Ninja 150RR cuma sekitar Rp.150.000,- dan ongkos pemasanganya sekitar Rp.50.000,-. Tidak terlalu mahal kan sob, aplagi untuk motor matic pastinya lebih murah.

Ok sob mungkin itu sedikit artikel tentang Gejala dan Cara Mengatasi Komstir Rusak dan semoga artikel ini bermanfaat ya...Jangan lupa juga baca artikel lainya seperti Memahami Arti kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi dan baca jua artikel tentang Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Lampu Motor Sering Mati atau Putus. Terimakasih



EmoticonEmoticon