-->
logo blog

Cara Cepat Belajar Motor Kopling Bagi Pemula

Halo sobat, kali ini penulis akan membahas artikel tentang Cara Cepat Belajar Motor Kopling Bagi Pemula. Mungkin bagi sebagian orang menggunakan motor kopling sangat mudah namun tentunya sebagian orang juga baru mau belajar atau mencoba menggunakan motor kopling.

Menggunakan motor kopling pasti memiliki kelebihan dibanding dengan motor otomatis namun disamping itu juga motor kopling memiliki kekurangan. Tapi tidak ada salahnya bukan jika kita memiliki kemampuan untuk mengendarai motor kopling. Siapa tau suatu saat ilmunya dapat bermanfaat untuk orang lain.

Nah untuk hal itu sobat harus tau kelebihan menggunakan motor kopling sehingga hal ini menjadi tolak ukur ketika sobat inggin memilikinya. Untuk itu lihat dibawah ini ya sob.....

Kelebihan Menggunakan Motor Kopling :

  • Mudah mendapatkan akselerasi atau akselerasi lebih maksimal - Kelebihan dari motor kopling yaitu sangat mudah mendapat hentakan awal dan tentunya sangat bisa diandalkan ketika sobat menyalip kendaraan di depan. Penulis kasih contoh, ketika saat menyalip kendaran di depan namun tiba-tiba dari arah depan ada kendaraan lewat, sobat tinggal menekan sedikit kopling supaya tenaga lebih meningkat sehingga dengan itu sobat bisa dengan mudah menyalipnya.
  • Kendali penuh dalam perpindahan gigi - Kelebihan dari motor dengan sistem kopling manual adalah dapat mengatur perpindahan transmisi dari motor sesuai dengan selera. Karena dengan adanya kopling manual, maka pengendara akan memegang kendali penuh terhadap proses pemutusan dan penghubungan putaran mesin dengan sistem transmisi. Kendali tersebut berada pada tuas kopling yang berada pada sebelah kiri, yang akan membuat pengendara dapat memutus atau menyambung putaran mesin dengan transmisi setiap saat.
  • Perpindahan gigi menjadi lebih halus - Kelebihan lain dari motor dengan kopling manual yaitu perpindahan gigi yang menjadi lebih halus. Hal ini merupakan dampak dari kelebihan yang pertama, dimana kendali penuh ada di tangan pengendara. pengendara juga dapat melakukan pemutusan hubungan putaran mesin dengan transmisi kapanpun yang diinginkan, sehingga ketika pengendara akan melakukan perpindahan gigi, transmisi pengendara sudah free dan terlepas dari putaran mesin yang akan menyebabkan perpindahan gigi yang menjadi lebih halus.
  • Proses pengaplikasian engine break lebih mudah - Umumnya para pengendara pasti sudah pernah mendengar istilah engine break. Ini adalah salah satu teknik memperlambat laju kendaraan dengan memanfaatkan putaran mesin dari kendaraan.Engine break dapat dilakukan ketika sedang melaju kencang, namun ingin melakukan proses perlambatan secara bertahap. Salah satu keunggulan dari motor dengan kopling manual adalah bisa mengaplikasikan engine break dengan mudah. Ketika sedang berjalan, cukup tarik penuh tuas kopling, kemudian lepaskan secara perlahan, hal ini akan membuat motor menjadi melambat sedikit demi sedikit. Atau dapat juga menurunkan gigi dan melepas tuas kopling secara perlahan agar bisa mendapatkan efek engine break yang sesuai dengan keinginan pengendara.
Namun disamping memiliki kelebihan, motor kopling pun memiliki sedikit kekurangan yang cukup mengganggu. Apalagi jika digunakan pada kondisi jalanan macet, motor kopling tidak begitu disarankan, Malahan di kota-kota besar, motor matic lebih mendominasi karena memang motor matic lebih nyaman untuk di kendarai. Nah bagi yang belum tau kekurangan motor kopling, penulis sudah merangkumnya dibawah ini.

Kekurangan Menggunakan Motor Kopling :

  • Tidak nyaman digunakan di perkotaan - Hal pertama, motor kopling tidak nyaman jika digunakan di perkotaan, sebab pengendara akan bekerja extra jika kondisi jalanan macet. Tentunya hal ini akan berakibat pengendara cepat mudah lelah.
  • Putus tali kopling - Yang kedua, mungkin hal ini tidak sering terjadi, namun jika sampai putus akan berakibat motor tidak maksimal dikendarai dan pastinya untuk penggantianya memerlukan biaya tambahan.
  • Kampas kopling mudah habis - Yang perlu diperhatikan juga, motor dengan kopling manual akan merasakan kampas kopling mudah habis. Apalagi jika penggunanya baru belajar motor kopling, biasanya cara melepaskan kopling selalu telat sehingga kampas kopling akan lebih mudah terkikis. Walau memang tidak terlalu signifikan namun lama kelaman akan terjadi.
Ok sob mungkin itu sedikit kelebihan dan kekurangan menggunakan motor kopling. Nah sesuai judul artikel diatas penulis akan memberikan tips dan trik nya tentang Cara Cepat Belajar Motor Kopling Bagi Pemula. Sebetulnya tidak ada trik atau hal yang perlu di perhatikan namun hal ini sangat menunjang agar sobat lebih cepat menguasi motor kopling. Untuk itu sobat bisa perhatikan nya dibawah ini.

Cara Cepat Belajar Motor Kopling Bagi Pemula :

1. Pahami Perpindahan Gigi 
Hal yang pertama yang sobat harus pahami adalah sobat harus mengetahui perpindahan gigi motor kopling, sebab ada perbedaan perpindahan gigi, biasanya 1-2-3-4-N ke depan namun kebanyak motor kopling perpidahan giginya 1-N dan 2-3-4-5 kebelakang. Untuk itu sobat harus mengetahui dulu perpindahan giginya. Kadang motor kopling ada yang 4 percepatan namun kebanyak 5 atau 6 percepatan. 
2. Tuas Kopling
Hal kedua, pahami dulu pungsi tuas kopling, tuas kopling biasanya terletak di sebelah kiri setang sepeda motor sobat. Tuas kopling ini digunakan untuk melepaskan tenaga dari roda belakang saat mengganti gigi ataupun saat sobat ingin menjalankan sepeda motor. Pikirkanlah tuas kopling ini seperti saklar peredup, tidak seperti saklar dua arah (mati-nyala). Anda perlu menariknya dengan perlahan dan tepat agar sepeda motor sobat tidak berhenti tiba-tiba.
3.Nyalakan Motor 
Setelah menyalakan motor, tarik tuas kopling dan masukkan gigi pertama dengan menekan tuas pengganti gigi dengan kaki kiri sobat. Sobat mungkin harus menginjak beberapa kali. Sobat tahu sedang berada dalam gigi pertama kalau sobat tidak merasakan tahanan balik dari motor sobat atau indikasi bahwa gir sedang bergerak. Untuk perpindahan gigi, sobat bisa melihatnya di no 1.
4. Perpindahan Gigi
Saat berkendara, ganti gigi dengan cara menarik tuas kopling dengan tangan kiri untuk melepaskan ban belakang. Sambil menarik tuas kopling, kurangi gas. Pengurangan gas dilakukan agar sepeda motor sobat tidak bergetar hebat saat sobat kembali memasukkan gigi. Teruskan mengganti gigi dengan kaki kiri sobat. Jaga kecepatan dengan tangan kanan sobat agar penggantian gigi tetap berjalan dengan lancar. Terakhir, lepaskan tuas kopling.
5. Belajar Berbelok
Jika sobat sudah lancar dalam perpindahan gigi, sobat bisa mencoba untuk berbelok. Hal yang perlu diperhatikan ketika berbelok, sobat bisa mengurangi kecepatan lalu tekan tuas kopling setelah itu turunkan gigi minimal ke gigi 2, setelah itu sobat bisa melepaskan kopling secara perlahan. Gunanya hal ini supaya mesin motor tidak ngedrop ketika telah melewati belokan.
6. Memberhentikan Kendaraan
Perbedaan dari motor manual sama otomatis mungkin cukup terlihat ketika sobat ingin berhenti. Jika motor otomatis sangat mudah ketika ingin berhenti, tinggal kendorkan gas dan injak rem namun jika motor manual sobat harus mengurangi kecepatan lalu tekan tuas kopling dan setelah itu sobat wajib menurunkan perseneling ke gigi 1 supaya motor tidak mati mendadak. Namun lebih baiknya bila sobat memasukan gigi sampai netral.

Untuk belajar motor kopling tidak begitu sulit yang penting sobat mampu memahami kegunaanya dulu. Namun yang perlu diperhatikan ketika melepaskan kopling, sobat wajib menarik gas di rpm rendah dan cara melepaskan kopling harus secara perlahan sebab bila terlalu kencang rpm dan terlalu cepat melepaskan kopling akan berakibat motor standing. Jika hal itu terjadi akan berbahaya bagi keselamatan pengendara dan orang lain.

Ok sob mungkin itu sedikit artikel tentang Cara Cepat Belajar Motor Kopling Bagi Pemula dan semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa juga baca artikel lainya seperti Cara Mudah Mengatasi Gigi Perseneling Susah Di Oper dan baca juga artikel lainya seperti Cara Mudah Mengatasi Kopling slip dan Kurang Gentakan. Terimakasih




EmoticonEmoticon