-->
logo blog

Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Lampu Motor Sering Mati atau Putus

Selamat pagi, di hari minggu yang cerah ini, penulis akan membahas artikel tentang Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Lampu Motor Sering Mati atau Putus. Lampu adalah bagian terpenting dari sebuah kendaraan, karena jika motor sobat tidak memiliki lampu penerangan tentunya tidak bisa berkendara di malam hari.

Apalagi belum lama ini, pengendara wajib menyalakan lampu pada siang hari, nah makanya itu jika tidak di nyalakan akan beresiko sobat akan di tilang pak polisi. Kalau menurut penulis, cukup epektif apa tidak menyalakan lampu pada siang hari namun yang jelas umur lampu menjadi cepet mati.

Namun jika lampu mati karena usia mungkin itu hal yang wajar namun jika lampu baru diganti sudah mati tentunya ini ada komponen yang tidak berpungsi pada sektor lampu. Jika hal ini sering terjadi pastinya sangat menjengkelkan apalagi jika matinya pas lagi berekendara di malam hari, wah ini bisa beresiko ya sob.

Baca : Cara Daftar Uber Online 2018 | Langsung Aktif

Gejala mati lampu pada kendaraan bermotor biasanya terjadi pas rpm di putaran atas atau pas motor digeber. Untuk itu penulis akan memberikan informasi tentang Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Lampu Motor Sering Mati atau Putus. Gejala yang terjadi biasanya banyak komponen yang udah lemah sehingga strum yang masuk ke lampu tidak stabil.

Biar lebih jelas penulis sudah merangkum dibawah ini penyebab lampu motor sering mati. Lanjut membacanya ya sob......
loading...


Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Lampu Motor Sering Mati atau Putus

  • Kiprok yang sudah rusak. Saat kiprok rusak, maka hal ini mengakibatkan arus listrik yang menuju ke lampu menjadi berlebihan. Hal ini menyebabkan lampu menjadi panas dan putus. Untuk mengatasinya, segera ganti dengan kiprok baru. Dan perlu juga untuk diketahui bahwa fungsi kiprok adalah sebagai penyearah tegangan dari sepul dan membatasi besarnya tegangan yang akan menuju ke aki motor dan sistem kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang sering mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu sangat besar karena disebabkan kiprok sudah tidak bisa lagi membatasi tegangan yang keluar ke kiprok. 
  • Selain itu juga kalau menemui bohlam lampu utama motor yang sering mati saat motor digas full hal tersebut patut dicurigai kemungkinan besar kiprok sudah rusak.
  • Spull penerangan sudah error. Spull penerangan dalam hal ini sudah tidak bekerja normal. Sehingga hal ini mengakibatkan arus yang masuk menuju kiprok tidak sesuai standar. Untuk mengatasinya, silahkan gulung ulang spull atau jika tidak mau repot, ganti saja dengan yang baru.
  • Rumah lampu atau dudukan lampu sudah jelek atau goyang, hal ini juga sangat mempengaruhi kesehatan lampu motor. Untuk itu, jika mengalami hal itu sebaiknya sobat wajib mengganti dudukanya agar lampu tidak sering mati.
  • Selain kiprok yang rusak, opsi yang biasanya sering di temui di bengkel adalah kurangnya massa pada lampu atau kiprok, cek kabel warna hitam yang menuju ke lampu (cek rangkaian lampu) atau cek massa dari kiprok (cek baut pengikat kiprok, periksa dari korosi dll.). Selain bisa menyebabkan lampu sering putus, kejadian dilapangan juga memperlihatkan nyala lampu yang kurang terang (redup) karena kurangnya massa.
Pada sistem penerangan khusunya lampu kepala, kiprok (Regtifier Regulator) selain berfungsi sebagai pengubah arus AC dari spoel menjadi arus DC untuk pengisian battery, kiprok juga berfungsi sebagai pembatas tegangan yang menuju ke lampu utama, jika tegangan yang dikeluarkan oleh coil (spoel) terlalu besar, maka tugas kiprok adalah mereduksi atau membatasi tegangan yang akan menuju ke lampu supaya tegangan tidak melebihi kapasitas dari lampu itu sendiri (tegangan yang melibihi kapasitas lampu akan membuat filamen dari lampu putus).
loading...



Ok sob, mungkin itu sedikit artikel tentang Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Lampu Motor Sering Mati atau Putus yang bisa penulis bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat ddan jangan lupa baca artikel lainya seperti Memahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi dan baca jug artikel lainya seperti Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Panas atau Operheat. Terimakasih


EmoticonEmoticon