-->
logo blog

Cara Cepat Mengganti Spul Honda Supra di Rumah

Jika bisa kita bongkar sendiri di rumah kenapa harus ke bengkel. Nah hal ini yang sering penulis rasakan dan bukan hanya karena uang saja akan tetapi mungkin karena hobi bongkar-bongkar motor. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Cara Cepat Mengganti Spul Honda Supra di Rumah.

Spul sendiri berfungsi untuk menghasilkan tegangan listrik untuk mensuplay kebutuhan listrik di motor baik untuk mengecas battre aupun untuk menghasilkan bunga api di busi agar mesin berjalan normal, namun yang di butuhkan bukan hanya sebuah lilitan kawat elmail namun juga harus ada medan magnet untuk menghasilkan arus,dengan adanya magnet yang berputar maka dihasilkanya arus listrik.

Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki cuma bedanya tegangannya searah (DC). spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum sehingga bila komponen ini trouble mesin mati total,pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong,

Berbeda pada CDI DC yang sumber tegangannya dari aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan asal sistem pengisian masih jalan sebab suplai listrik digantikan oleh spul yang arusnya terlebih dahulu diubah menjadi arus searah oleh kiprok, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti akan sangat berbahaya terhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah bila dideteksi dengan Osciloscope ( alat ukur tegangan listrik dalam bentuk grafik ) masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.

Setelah panjang lebar membahas fungsi spul pada sepeda motor, yuk lanjut ya untuk tutorialnya....baca sampai tuntas ya sob....cekibrot dibawah ini.

Cara Cepat Mengganti Spul Honda Supra di Rumah

  • Hal yang pertama-tama siapkan terlebih dahulu peralatannya seperti kunci T8, kunci pas 10, obeng plus, multitester dan wadah kecil untuk tempat baut (loyang), supaya onderdil tidak berhamburan atau acak-acakan dimana-mana saat bekerja.
  • Kemudian copot cover body bagian kiri Honda Supra, lalu copot tuas perseneling dengan menggunakan kunci pas 10. Selanjutnya buka baut penutup magnet menggunakan kunci T8, nah jangan lupa taruh semua bautnya ke wadah (loyang) sambil di ingat posisinya supaya tidak repot saat dalam proses pemasangan nantinya.
  • Berikutnya lepas soket kabel kelistrikan dari spul, copot cover magnetnya. Lalu copot baut pulser, spul dan penahan kabel dengan menggunakan kunci T8, lepas spul yang lama lalu ganti dengan yang baru.
  • Begitu cover magnet terpasang coba cek dengan multitester kabel spul (kabel hitam strip merah) dengan massa, kalau apabila keduanya terhubung berarti hasil pekerjaan anda telah berhasil. Sebelum menutup blok mesin kiri, sebaiknya coba dulu dengan mengdupkan mesin motor apabila mesin motor dapat nyala, maka langkah-langkah yang tadi dilakukan telah benar.
  • Dan yang terakhir tutup dan pasang kembali blok mesin kiri (penutup magnet) dan cover body supra. Dan jangan lupa pasang kembali juga tuas perseneling, kalau sudah maka motor siap untuk dijalankan atau di kendarai.
Jika mengikuti tutorial di atas kayaknya tidak ada alasan untuk tidak bisa melakukanya sendiri di rumah. Ada kepuasan tersendiri jika sobat bisa memperbaiki sendiri dan mungkin lebih hemat uang juga. hehe

Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Cara Cepat Mengganti Spul Honda Supra di Rumah dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel menarik lainya, seperti Cara Membuat Busi Standar Menjadi Serasa Busi Racing dan baca juga artikel tentang Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Lampu Motor Sering Mati atau Putus. Terimakasih


EmoticonEmoticon