-->
logo blog

Musim Hujan Datang, Cek 5 Komponen Motor Berikut Ini...

Musim hujan datang adalah rezeki yang tuhan berikan, gak kebayangkan jika tidak turun hujan dalam waktu yang sangat lama. Sehari saja tidak ketemu air sudah merasa tidak nyaman apalagi kalau bertahun-tahun. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Musim Hujan Datang, Cek 5 Komponen Motor Berikut Ini...

Namun kadang kita sebagai manusia mudah sekali untuk mengeluh, dikasih hujan ngeluh dikasih panas ngeluh. Aplagi jika kondisi lagi hujan tiba-tiba motor mogok atau tidak mau hidup. Wah gak kebayang bt nya....ada yang pernah mengalaminya?

Pepatah mengatakan "sedia payung sebelum hujan". Kata-kata tadi tidak ada salahnya kalau kita terapkan pada sepeda motor kesayangan. Tentunya wajib mempersiapkan kendaraan agar teta prima ketika melewati cuaca hujan.

Lalu komponen apa saja yang perlu diperhatikan agar motor selalu siap menghadapi cuaca hujan atau saat ada genangan air sekalipun. Nah bagi sobat yang masih penasaran, silahkan cek dibawah ini...dan baca sampai tuntas ya sob.

Komponen Yang Wajib di Cek Ketika Musim Hujan Datang

1. Cop Busi / Padud Busi
Motor tiba-tiba tidak mau hidup ketika hujan adalah karena cop busi atau padud busi sudah tidak layak untuk digunakan. Jika padud busi sudah rusak atau kadang sudah keras pada ujungnya hal ini akan gampang sekali terjadinya air masuk sehingga motor gampang sekali mogok. Untuk itu, sobat wajib mengganti cop busi baru dan saran penulis belilah padud busi yang bermerk atau minimal orginal.
2. Filter Udara dan Karet Intake Karburator


Untuk yang nomor 2 juga tidak kalah pentingnya yang wajib sobat cek atau perhatikan, karena yang menyebabkan motor tiba-tiba tidak hidup ketika melewati hujan diakibatkan air masuk ke dalam karburator. Kalau di pikir ko bisa air masuk ke karbu? sebab biasnya filter udara ada yang kebuka atau karet yang menghubungkan karburator dengan filter tidak rapat atau bisa juga clamnya di kencang. Untuk itu sobat wajib mengecek komponen ini.
3. Soket Kabel Body
Kabel body merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan namun kadang pemilik kendaraan jarang sekali mengecek kondisi ini. Untuk itu penulis menyarankan ketika musim hujan datang periksa bagian soket-soket pada motor sobat. Karena jika soket retak atau tidak pas saat pemasanganya bisa menyebabkan konsrlet atau kemasukan air sehingga motor tidak akan hidup karena arus listrik terhambat oleh air.
4. Ban
Untuk no 4 , jangan lupa pastikan kondisi pada komponen ban dalam kedaan baik, yang salah satu permasalah yang sering timbul ialah keausan pada permukaan ban. Jika sudah tipis traksi terhadap permukaan jalan akan berkurang sehingga dalam kondisi jalanan basah dapat menyebabkan pengendalian motor menjadi sulit dan bisa menyebabkan bagi pengendara jatuh, pada saat pergantian untuk selalu memperhatikan arah rotasi ban pastikan sudah sesuai.
5 Kampas Rem
Komponen pada sepeda motor yang paling vital ini jangan sampai untuk terlewatkan untuk mengeceknya. Tak sedikit pengendara sepeda motor yang tidak bisa mengendalikan sepeda motornya saat melakukan proses pengereman karena rem tidak berfungsi. Untuk itu lakukan penggantian dengan segera mungkin jika rem tersebut sudah terindikasi harus diganti. Karena berkendara saat kondisi hujan membutuhkan handling pengendaraan yang baik, jika kampas rem sudah aus ketika akan mengurangi laju motor saat kecepatan atau menghentikan kendaraan otomatis pastinya akan lebih sulit.

Setelah semuanya sobat lakukan, mudah-mudahan motor selalu setia menemani aktifitas sehari-hari walau dalam kondisi apapu. Jangan lupa juga selalu mencuci kendaraan setelah terkena hujan supaya motor tidak berkarat. Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Musim Hujan Datang, Cek 5 Komponen Motor Berikut Ini...dan semoga bermanfaat.

Tida lupa juga baca artikel menarik lainya di blog ini, seperti 10 Cara Merawat Ninja RR agar Staminanya Tetap Prima dan baca jug artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Brebet Ketika Di Gas


EmoticonEmoticon