-->
logo blog

Cara Mengatasi Motor Setelah Terkena Banjir

Banjir merupakan bencana alam yang tidak bisa di duga-duga apalagi jika sobat berada di daerah perkotaan banjir sudah menjadi makanan sehari-hari ketika datang musim hujan. Ketika banjir datang pastinya barang berharga atau barang yang gampang rusak jika terkena air wajib di ungsikan atau di amankan. Apalagi biasanya motor sobat lupa atau tidak sempat diamankan ke dataran tinggi, namun jika hal itu terjadi sobat tidak usah terlalu panik. Lebih baik baca ya artikel Cara Mengatasi Motor Setelah Terkena Banjir.

Jika motor sobat sudah terlanjur terndam banjir, sobat tidak usah panik dan langsung mengambil kesimpulan wajib turun mesin. Memang sih jika terkena banjir motor menjadi rawan sekali rusak apalagi bagian dalam mesin. Namun sebelum sobat membongkar mesin ikuti dulu langkah-langkah dibawah ini :

Cara Mengatasi Motor Setelah Terkena Banjir

1. Jangan Pernah Menghidupkan Kendaraan 

Jika motor sobat sudah terlanjur terendam atau terendamya dalam waktu cukup lama, alangkah baiknya jangan coba-coba menghidupkan kendaraan. Hal ini menjaga agar motor tidak mengalami konsleting listrik. Untuk itu buka dulu bodi motornya lalu bersihkan soket-soket pada kabel bodi jangan lupa keringkan soketnya.

2. Ganti Oli

Setelah memberisihkan kabel bodi, langkah kedua sobat wajib mengganti oli mesinnya. Namun penulis menyarankan ganti olinya di rumah saja. Kenapa wajib di rumah, agar sobat membiarkan olinya terbuang selama semalaman supaya hasilnya lebih memuaskan. Setelah itu sobat bisa mengisi oli baru dan untuk motor matic tidak lupa ganti juga oli gardannya.

3  Cek Karburator

Karburator komponen yang sangat sensitif dan biasanya jika karburator terkena air motor tidak mau hidup. Untuk itu sobat wajib mengecek komponen ini supaya terbebas dari air dan kotoran. Sobat bisa melakukannya di rumah dan jangan lupa juga bersihkan dengan carbucleaner agar hasilnya lebih maksimal.

4. Filter Udara

Setelah sobat membersihkan karburator, jangan lupa juga bersihkan filter udaranya. Namun jika motor sobat keluaran tahun muda alngkah baiknya menggantinya dengan yang baru sebab untuk motor baru bahan filternya dari kertas karton. So, jika terkena air apalagi jika terendamnya cukup lama pastinya filternya sudah rusak,

5. Cek Kondisi Busi Dan Cop Busi

Sebelum sobat mencoba menghidupakan motornya jangan lupa cek dahulu kondisi busi dan cop businya. Ditakutkan kondisi busi sudah tidak layak dan juga cek kodisi cop businya. Ditakutkan air mengendap sehingga listrik tidak stabil masuk ke busi sehingga motor tidak mau hidup.

6. Cek Aki

Untuk point ini tidak kalah pentinya ya sob. Sobat wajib mengecek kondisi aki dan penulis menyarankan jangan lupa sobat oleskan gemuk atau grase pada kedua baut akinya supaya terbebas dari karat.

7. Dengarkan Suara Mesin

Untuk point ke 7, sobat bisa menghidupkan motornya namun sobat perlu dengarkan suara mesinnya. Jika tidak terdengar suara aneh-aneh pada bagian mesin, sobat bisa mencoba test jalan motornya namun jika terdengar suara aneh-aneh pada bagian mesin, alangkah bijaknya sobat membawanya ke bengkel langganan.
8. Bersihkan Knalpot

Untuk point yang ini. jika semuanya aman terkendali. Sobat bisa m selepaskan knalpotnya lalu sobat bisa menjemurnya sambil di dirikan posisinya. Jika dirasa sudah kering, penulis menyarankan sobat memberikan sedikit oli supaya menjaga agar tidak terjadi karat.

9 . Bersihkan Tangki Bahan Bakar

Untuk point terkahir, sebetulnya bisa di lihat dari kondisi banjirnya. Jika banjirnya cuma sampai mesin motor, sobat tidak usah membersihkan tangkinya namun jika bajirnya sampai full menutupi semua motor penulis menyarankan sobat wajib menyarankan menguras tangkinya. Jika dibiarkan lama kelamaan tangki berkarat dan lebih parahnya bisa menyebabkan kebocoran.

Mudah-mudahan setelah sobat mencoba tips diatas tadi motornya tidak mengalami kerusakan dan sobat tidak perlu mengeluarkan biaya extra. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya dan jangan lupa baca artikel menarik lainya, seperti Musim Hujan Datang, Cek 5 Komponen Motor Berikut Ini... dan baca juga artikel tentang Cara Mudah Mengatasi Bunyi CVT Motor Matic. Terimakasih


EmoticonEmoticon