-->
logo blog

Fungsi Spull dan Cara Mudah Melilit Ulang Spul Motor Yang Mati.

Spul adalah listrik pada kendaraan roda dua, tanpa adanya spul maka motor akan kehabisan listrik. Akan tetapi ada juga motor yang tidak menggunakan spul tapi hanya khusus untuk digunakan balapan. Di artikel ini penulis akan membahas Fungsi Spull dan Cara Mudah Melilit Ulang Spul Motor Yang Mati.

Spul sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu, spul pengapian (CDI) dan spul pengisian (kiprok). Spul pengisian, dibagi menjadi 3 bagian yaitu spul halfwave, spul fullwave dan spul 3 phase. Untuk motor-motor low clas rata-rata menggunakan spul halfwave jumlah kern 5-12, ciri-cirinya terangnya lampu mengikuti putaran gas. Motor kelas menengah rata-rata sistem Fullwave 1 phase jumlah kern 8-12, lampu utama sudah bisa nyala manteng tidak tergantung putaran mesin. akan tetapi daya lampu masih kecil sekitar 35w.

Motor High class rata-rata sistem spul 3 Phase jumlah kern 18, Lampu nyala manteng dan mampu menggunakan daya besar di atas 55w. Kerusakan pada spul motor akan terlihat kasat mata, biasanya akan terlihat gosong. pada salah satu atau lebih pada kern nya. Jika spul mati untuk mengatasinya, ganti baru atau lilit ulang. Bagi sobat yang ingin melilit ulang spul motornya, silahkan ikuti tutorial dibawah ini :

Cara Mudah Melilit Ulang Spul Motor Yang Mati

  • Pertama, sobat bisa membuka dulu blok sebelah kiri, biasanya ada beberapa baut yang mengunci blok mesinnya.
  • Sebelum sobat melepaskan spulnya, sobat wajib mencermati posisi lilitanya.
  • Setelah yakin sobat bisa membuka spul dari bloknya. bautnya penguncinya biasanya ada dua.
  • Untuk melepaskan lilitannya, sobat bisa menggunakan gergaji besi atau korek. Karena memang ada lemnya sehingga agak susah.
  • Setelah lilitannya terlepas, jangan lupa bersihkan tempat kumparan atau kren.
Setelah spul terlepas dari rumahnya, sobat bisa melilit ulang kawatnya. dan untuk tutorial cara melilitnya silahkan cek dibawah ini :

Cara Melilit Spul

  • Siapkan kawat yang akan di lilit, usahakan ukurannya sama dengan kawat bawaan.
  • Agar mudah dalam melilitnya, sobat bisa memasukan kawat ke bekas tempat tinta pulpen atau bisa juga mengunakan bekas permen loli.
  • Lakukan penggulungan sesuai ukuran aslinya namun lebih banyak tentunya lebih baik.
  • Setelah yakin tidak ada yang putus dan tidak ada yang kendur, sobat bisa menambahkan lem khusus atau kalau tidak ada bisa menggunakan lem besi.
  • Untuk meyakinkan hasil lilitan berhasil atau tidak, sobat bisa mengetesnya dengan cara,kedua ujung kawat ditempelkan ke masa / body menggunakan AVO meter atau Multimeter. Jika tidak ada hubungan berarti lilitanya berhasil.
  • Bisa juga dengan cara, ukur ujung kawat satu dengan satunya menggunakan Avometer jika ada hubungan berarti lilitan sobat berhasil atau sukses.
Untuk melilit gulungan spul sebetulnya ada rumusnya namun penulis sendiri kurang begitu mengerti namun selama ini dengan cara diatas selalu berhasil asalkan pas melilitnya tidak ada yang kendur atau putus. Nah mugkin itu sedikit artikel tentang Cara Mudah Melilit Ulang Spul Motor Yang Mati dan semoga artikel kali ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainya, seperti Cara Cepat Mengganti Spul Honda Supra di Rumah dan baca juga artikel Cara Mudah Mengetahui Fungsi Warna Kabel Body Pada Motor. Terimakasih


EmoticonEmoticon