-->
logo blog

5 Hal Yang Menyebabkan Suara Mesin Kawasaki Ninja RR dan R Kasar

Selamat pagi semuanya, udah lama banget nih penulis tidak membahas Kawasaki Ninja, sekarang lagi sibuk bikin video di youtube, oo iya buat temen-temen yang ingin melihat videonya bisa dilihat di chanel otoplanet.com. Namun pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang 5 Hal Yang Menyebabkan Suara Mesin Kawasaki Ninja RR dan R Kasar.

Suara mesin Ninja RR termasuk paling halus diantara motor 2-Tak pada umunya. Nah jika tiba-tiba motor sobat mengalami suara yang agak aneh pada mesinnya berarti sobat harus waspada. Bukanya penulis menakut-nakuti namun penulis pernah kejadian pada motor kesayangan. dan biaya yang dikeluarkan pun cukup mahal.

Jika sobat bingung ko bisa tiba-tiba suara mesin Ninja menjadi kasar padahal tidak pernah di rubah apapun. Penulis akan memberikan beberapa gejala yang menyebabkan hal itu terjadi. Nah untuk lebih jelasnya lihat dibawah ini ya sob....

5 Hal Yang Menyebabkan Suara Mesin Kawasaki Ninja RR dan R Kasar

  1. Oli samping - Oli samping adalah salah satu bagian terpenting pada rantai kerja motor 2-Tak. Jika motor 2-Tak tidak ada atau tidak di isi oli samping, penulis jamin motor sobat tidak akan bertahan lama. Nah untuk itu, jangan sampai motor sobat kehabisan oli samping dan gunakanlah selalu oli samping yang sesuai standar pabrik.
  2. Terlalu Miskin Bahan Bakar - Untuk poin ini juga tidak kalah pentingnya loh sob, untuk itu jika sobat habis mengganti knalpot standar dengan knalpot racing sebaiknya ganti juga pilotjet dan mainjet. Hal ini agar kebutuhan mesin sesuai sebab jika bahan bakar kurang akan berakibat mesin menjadi operheat atau panas yang berlebihan. Jika hal ini dibiarkan nantinya beresiko piston dan ring piston menjadi lemah sehingga suara mesin menjadi kasar.
  3. Piston dan Ring Piston - Untuk no 3, biasanya hal ini disebabkan usia pakai motor sudah mulai menua apalagi jika sobat sering menarik gas secara spontan. Hal ini dapat menyebakan piston dang ring piston cepat melemah. Untuk itu penulis menyarankan untuk penggantian piston dan ring piston maksimal 15000Km apalagi jika sering digeber. Jika sudah terdengar suara mesin kasar sebaiknya cepat-cepat melakukan penggantian sebab jika dibiarkan takutnya merembet ke blok mesin.
  4. Stang Piston - Untuk mengecek komponen ini rusak, sobat bisa menghidupkan motor namun dalam posisi langsam lalu dengarkan, jika terdengar suara dug dug berarti benar stang piston nya rusak. Jika hal ini dibiarkan nantinya akan merembet pada bagian seher dan ring seher dan lebih parahnya dinding slinder bisa luka atau baret. Kenapa bisa merembet ke parts lain, sebab pergerakan satang piston tidak stabil atau goyang.
  5. Bearing Kruk As - Untuk point terakhir, gejala yang bisa menyebabkan suara mesin Ninja kasar bisa disebabkan dari Bearing Kruka As sudah rusak. Gejala yang umum terjadi biasanya mesin menjadi bergetar hebat dan suara mesin terdengar bunyi ter-ter di bagian bawah. Jika ciri-ciri ini terjadi sebaiknya siap-siap melakukan belah mesin. Karena jika dibirakan membuat parts lain menjadi rusak dan kuping pun menjadi sakit. hehe
Nah untuk itu sobat wajib selalu menjaga kondisi mesin agar tetap prima dan selalu siap untuk diajak beraktifitas sehari-hari. Untuk itu baca artikel 10 Cara Merawat Ninja RR agar Staminanya Tetap Prima dan baca juga Cara Mengatasi Suara Mesin Ninja RR Kasar. Nah Mungkin itu sedikit artikel tentang 5 Hal Yang Menyebabkan Suara Mesin Kawasaki Ninja RR dan R Kasar dan semoga artikel kali ini bermanfaat. Terimakasih


EmoticonEmoticon