-->
logo blog

Cara Setting Karburator Setelah Ganti Knalpot Racing

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Cara Setting Karburator Setelah Ganti Knalpot Racing. Banyak yang beranggapan setelah ganti knalpot wajib mengganti pilotjet dan mainjet supaya tenaga motor lebih enak. Namun sebelum hal itu sobat lakukan ada baiknya baca artikel dibawah ini.

Mengganti knalpot racing memang mampu menambah tenaga motor namun jika tidak dibarengi dengan setingan karburator yang pas tentunya yang ada motor malah kurang bertenaga dan bisa mengakibatkan panas berlebihan. Untuk itu pahami dulu kebutuhan bahan bakar pada motor sobat karena jika terlalu besar juga yang ada busi cepat mati.

Untuk melakukan seting karbuartor juga tidak asal ganti komponen. Apalagi sekadar ganti knalpot racing tanpa ada bagian mesin yang ikut dimodifikasi. Menurut penulis cukup atur sekrup aliran udara. Atau naikkan spuyer main-jet 1 atau 2 step sesuai kebutuhan. Itu pun kalau perlu.
Untuk setelan sekrup udara baiknya sedikit ditutup. Sementara kalau untuk standar biasa pakai ukuran 1½ putaran balik dari posisi tertutup, dengan menggunakan knalpot racing yang lebih plong coba dibikin 1¼ putaran balik.

Penyempitan aliran udara di lubang karbu lewat setelan sekrup udara, dimaksudkan agar mesin tidak gampang meletup ketiga grip gas tertutup. Sebab dalam kondisi itu di mana knalpot sudah plong, bensin jadi lebih sedikit daripada udara. Makanya dipersempit lagi agar bensin jadi lebih banyak dan letupan pun berkurang.

Selain seting sekrup udara. Untuk memaksimalkan tenaga di gasingan atas, di mana perut knalpot sudah lega dan butuh tendangan balik lebih kuat, penulis menyarakan untuk mengatur ulang spuyer main-jet. “Biasanya sih aliran gas bakar diperbesar. Caranya, dengan menaikkan ukuran spuyer main-jet 1 atau 2 step. Peningkatan ini tentu harus disesuakan dengan kebutuhan. Caranya bisa dilihat dari hasil pembakaran. Seperti, kepala busi jangan terlalu putih atau hitam sekali,”. Kepala busi lebih diutamakan atau lebih baiknya berwarna merah bata.

Namun untuk motor 4-tak mengatur setelan klep lebih ditujukan untuk memaksimalkan tenaga di rpm bawah atau atas, juga menyesuaikan kondisi cuaca di sekitar. Misalkan ingin kejar torsi, saran penulis setelan klep bisa dibikin renggang dari ukuran standar. Apalagi kalau suhu di sekitar tempat tinggal pemilik motor cenderung dingin.

Sebaliknya kalau tenaga mesin ingin kerjar rpm atas. “Kondisi ini bisa diakali dengan menyeting setelan klep lebih rapat dari ukuran standar, agar gas bakar lebih deras masuk ke dapur pacu. Tambah lagi jika kondisi sekitar cenderung panas. Setingan ini lebih aman,”.

Terakhir, untuk aliran udara disarankan agar tetap menggunakan filter udara asli atau bisa juga pakai saringan udara variasi. Sebab kalau plong, khawatir karburator cepat kotor apalagi tipe vakum yang terkenal rawan gesekan.

Nah itu mungkin sedikit artikel tentang Cara Setting Karburator Setelah Ganti Knalpot Racing dan semoga artikel kali ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainya, seperti Tutorial Membuka dan Membersihkan karburator Kawasaki Ninja 150RR dan baca juga artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Banjir. Terimakasih




EmoticonEmoticon