-->
logo blog

Modifikasi Karburator PE28 Power Jet dan Two Vent Serasa Sudco

Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi tips dari seorang teman yang sudah mencoba dan mengetesnya pada karbu kesayangannya. Selain Knalpot dan Cdi, karburator adalah pilar utama untuk mendongkrak tenaga. Karburator diibaratkan jatung pada manusia.

Memaksimalkan karburator dengan cara sedikit memodifikasi berguna agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sudah bukan hal yang aneh untuk jaman sekarang ini. Dari sekedar mengganti nozzle sampai yang agak extreme dengan cara mereamer pun dilakoni oleh para pencinta kecepatan.

Nah untuk itu penulis akan membagi cerita untuk temen-temen di blog ini berapa cara memaksimalkan karburator (khususnya Keihin PE28). Namun segala resiko yang ditimbulkan tetap ditanggung sendiri ya sob. Namun jika pengerjaanya rapih dan benar dijamin hasilnya maksimal. Untuk itu cek dibawah ini ya sob....

POWER JET ADJUSTABLE

Power jet bekerja pada putaran tinggi seiring bukaan botol skep. Ketika skep terangkat, bahan bakar akan terisap kevakuman moncong karbu, kalau di putaran bawah, power jet belum berfungsi. Tugas power jet adalah membantu suplai bahan bakar saat RPM tinggi.
Sebenarnya teknik membuat power jet sudah pernah di ulas sebelumnya oleh tabloid otomotif, Buat yang sayang banget sama karbu ini ada sedikit tips pengembangan membuat power jet tanpa perlu merusak karbu. Cekibrot….
  • Siapkan Velocity stack untuk karbu 28 (ditoko variasi banyak) ato mo bikin ditukang bubut juga boleh.
  • Selang karbu secukupnya ukuran jangan terlalu besar (pakai aja selang sisa yang nempel di karbu).
  • Pilot jet ukuran bebas, tapi klo bisa jangan terlalu besar soalnya klo terlalu besar akan mengurangi fungsi kerjanya. Saya menggunakan pilot jet 38 milik karbu Mikuni FU karena pilot jet Mikuni memiliki drat dibawah & memiliki diameter lebih kecil dibandingkan pilot jet karbu keluaran Keihin.
  • Lubangi velocity stack dibagian atas belakang dengan mata bor ± 3mm & di senai (tap drat), lalu pasang pilot jet tadi pada lubang yang sudah ada dratnya di velocity stack. Pasang velocity stack pada karbu dan hubungkan salah satu ujung selang ke pilot jet dan yang ujung satu lagi dihubungkan ke pipa pembungan bensin yang berada di bawah mangkok karbu. Langkah terakhir buka sekrup pembuangan sampai bensin keluar (buka secukupnya & jangan sampai lepas).
Gimana sob mudah bukan....? nah kalau mau lihat hasil penampakanya dibawah ini :

TWO VENT (DUA VENTILASI KARBU)

Pada dasarnya tiap karbu sudah memiliki ventilasi udara, namun karburator PE28 Thai ori maupun non ori memiliki satu buah vent beda dengan PE japan & SUDCO yang sudah mempunyai dua buah vent. Sebelum jauh kita harus mengetahui dulu Fungsi Vent (lubang udara) pada karbu, nah menurut rumah produksi SUDCO Vent berfungsi sebagai “Eliminates post jump bogging from fuel plugged vent passages”. Ya intinya sih mengurangi tenaga drop saat skep terangkat & udara melewati venturi karbu. Cara ini tidak dianjurkan bagi yang sayang banget karbu, karna tergolong extreem.

Untuk yang sudah memikirkan matang-matang, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Siapkan pipa kecil berdiameter ±4mm dengan panjang ±10mm (bisa pake pipa kecil yang berada di intake motor yang sudah tidak terpakai).
  • Buat jalur vet baru dengan cara melubangi bagian atas vent karbu dengan mata bor ±4mm.
  • Pasang pipa kecil tadi pada lubang yang sudah dibuat dengan cara dipress (lem bagian pinggir pipa agar lebih kuat) & pasang selang agar tidak mudah kemasukan air dari atas saat hujan.
Setelah semuanya beres, inilah hasil akhir Karbu PE28 dengan Power Jet dan Two Vent. Luar biasa bukan sob....? Karburatornya serasa produk sudco yang harganya selangit...hahaha

Mudah-mudahan artikel kali ini bermanfaat ya sob dan resiko ditanggung sendiri ya. Terimakasih buat bro Tata aka Maunalana Antasari dan jangan lupa baca artikel lainya, seperti Cara Setting Karburator Motor Agar Tenaga Semakin Mantap dan baca juga artikel tentang Cara Setting Karburator Setelah Ganti Knalpot Racing. Terimakasih
.


EmoticonEmoticon