-->
logo blog

Cara Bore Up Atau Cara Meningkatkan Performa Jupiter Z 130cc Grasstrack

Halo sobat..., mohon maaf, sudah beberapa hari / minggu penulis tidak sempet membuat artikel karena memang banyak sekali aktifitas yang tidak bisa di tinggalkan. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Cara Bore Up Atau Cara Meningkatkan Performa Jupiter Z 130cc Grasstrack.

Beberapa tahun ini Grasstrack sudah menjadi balapan yang memiliki gengsi yang sangat tinggi. Jika dulu Grasstrack adalah balapan merakyat namun untuk saat ini bisa dibilanrg lebih wah dibandingkan Road Race atau Drag. Tidak sampai disitu, biaya pembuatan motornya pun bisa mencapai 40/50 juta untuk bebek standar dan untuk bebek modif bisa 70/80 juta.

Lalu apa saja sih yang membuat motor Grasstrack bisa memakan biaya yang sangat besar...? Pertama mungkin kaki-kaki, untuk shock depan biasanya upside down dari motor Se dan untuk shockbreaker belakang menggunakan KYB Biru atau Merah. Untuk shock depan bisa mencapai 7/8 juta dan untuk shockbreaker belakang sekitar 9 juta untuk warna biru dan untuk warna merah sekitar 12 juta.

Nah makanya itu biaya pembuatan motor Grasstrack tidak semudah yang dibayangkan. Ok deh sob mari kita lanjutkan tentang bore up jupiter z Grasstrack. Di artikel ini penulis akan membahas bebek standar jupiter z. Bagi sobat yang masih bingung perbedaan mesin antara bebek standar dan bebek modif adalah terletak pada karburator dan ukuran klep. Jika bebek modif bisa bebas menggunakan karburator namun untuk bebek standar wajib menggunakan karburator standar dan pengapian pun wajib standar.

Penulis sendiri menggunakan head dari BRT dan ukuran klep menggunakan 26 / 23, untuk ukuran piston menggunakan piston BRT dengan diameter 55mm. Jadi jika dihitung rumus, cc nya meningkat menjadi 130cc. Untuk memaksimalkan performa motor, penulis mengganti rasio bawaanya dengan rasio Moto1. Nah untuk rasionya penulis mengikuti rasio mp3 roadrace, kenapa menggunakan rasio untuk Motor Road Race...? karenan untuk Grasstrack saat ini banyak sekali tikungan dan banyak juga track lurusnya. Sehingga gigi rasio ini sangat cocok sekali untuk sirkuit Grasstrack saat ini.

Yang perlu sobat perhatikan, untuk pemasangan piston BRT sebaiknya sobat operbos boringnya supaya boring lebih tebal dan tahan panas. Tidak sampai disitu, untuk menyalurkan bahan bakar, penulis menggunakan karburator orginal namun untuk memaksimalkan power yang besar terpaksa karburator bawaanya di perbesar / di reamer. Penulis sendiri menggunakan seher gas dari motor Honda GL.

Piston BRT adalah piston yang masih mentah sehingga untuk pemasanganya wajib di bubut dulu mengikuti ukuran klep. Nah untuk itu, ketika pemasanganya sobat wajib memperhatikan apakah piston mentok atau tidak ke klep. Karena jika sampai mentok akan beresiko pada kerusakan klep dan piston. Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Cara Bore Up Atau Cara Meningkatkan Performa Jupiter Z 130cc Grasstrack.

Jangan lupa baca artikel menarik lainya di blog ini, seperti Upgrade Performa Yamaha Nmax Tanpa Bore Up dan baca juga artikel tentang Tips Korek Harian Yamaha RX-King Murah Meriah Tapi Kencang. Terimakasih



EmoticonEmoticon