-->
logo blog

Peyebab Motor Susah Hidup Di Pagi Hari

Masalah yang umum terjadi pada kendaraan roda dua adalah susah hidup di pagi hari. Gejala ini biasanya diakibatkan karena motor jarang sekali di service dan biasanya juga ada settingan di karburator yang kurag pas. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Peyebab Motor Susah Hidup Di Pagi Hari.

Tentunya bila sobat mengalami hal semacam ini sebaiknya segera di bawa ke tempat service atau ke bengkel langganan namun bila sobat memiliki kunci-kunci untuk membongkar motor, alangkah baiknya bongkar sendiri di rumah. Merawat motor sendiri di rumah memiliki dua keuntungan, point pertama, sobat bisa menambah pengetahuan dan point yang kedua, sobat bisa lebih menghemat pengeluaran.

Namun sebelum mengecek karburator atau parts lainya, alangkah baiknya sobat mengecek dulu kondisi busi,sobat bisa membuka dulu businya lalu cek apakah businya masih layak digunakan atau tidak namun jika usia busi sudah cukup lama sebaiknya sobat menggantinya dengan yang baru. Sebelum sobat mengganti businya, cek dulu apakah businya basah atau cuma hitam biasanya.

Bila busi terlihat basah berarti ada dua kemungkinan, pertama, pengapian sudah tidak bagus dan yang kedua, bahan bakar yang masuk terlalu besar sehingga pembakaran di ruang bakar menyisakan sisa-sisa pemabakarn. Jika memang ternyata setelah ganti busi, motor masih susah hidup, berarti ada kemungkinan settingan karburator tidak pas atau debit bahan bakar terlalu besar.

Karena pemabakaran yang baik atau sempuran, umumnya warna busi terlihat seperti merah bata. Jika sobat sudah mengganti busi dengan yang baru namun gejala motor masih sama, sobat bisa membongkar bagian karburator, bersihkan dahulu karburatornya, bisa menggunakan kuas sama bensin atau bila ingin hasilnya lebih maksimal bisa menggunakan carbucleaner.

Setelah yakin karbuarator sudah bersih, sobat bisa memasang karburatornya kembali, namun jangan lupa cek bagian filter udara. sobat bisa membersihkanya dengan kompresor. Namun untuk motor keluaran baru, bahan filternya terbuat dari kertas sehingga hanya sekali pakai. Penulis menyarankan sebaiknya sobat mengganti filter udaranya agar hasilnya lebih maksimal.

Setelah semuanya terpasang, sobat bisa menghidupkan kendaraannya, untuk penyetingan baut angin atau air screw, sobat bisa memasukan dahulu baut angin sampai habis, lalu tahan grip sekita 3/4 lalu putar baud anginnya ke arah luar secara perlahan, biarkan rpm motor sampai di puncaknya. Sobat tinggal perkirakan saja, rpm mana yang paling tinggi. Nah bila sudah ketemu berati itu yang terbaik. Untuk langsam, sobat bisa menyetingnya sesuai selera dan kebiasaan aja.

Mudah-mudahan dengan beberapa langkah diatas, motor sobat tidak mengalami masalah lagi sehingga bisa menemani aktifitas sehari-hari. Ok sob mungkin itu sedikit artikel tentang Peyebab Motor Susah Hidup Di Pagi Hari dan semoga artikel kali ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel menarik lainya, seperti Cara Mengatasi Motor Ninja 150RR Susah Hidup di Pagi Hari dan baca juga artikel tentang Tips dan Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Terbaru 2016. Terimakasih




EmoticonEmoticon