-->
logo blog

Kelebihan dan Kekurangan Ban Irc Razzo dan FDR Sport MP

Ban merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Namun kadang yang menjadi masalah adalah peruntukan ban itu sendiri menjadi salah kaprah. Apalagi ketika berbicara masalah ban Soft Compound, ban Soft Compound memiliki karakter yang sangat lembut sehingga jika digunakan untuk harian akan mudah sekali habis.

Akan tetapi jika dibandingkan dengan kualitas dan kenyamanan tentunya ban ini menjadi pilihan yang sangat bijak, namun sebelum sobat membeli ban Soft Compound ada baiknya perhatikan 2 hal berikut ini. Ban Soft Compound terdiri dari dua tipe, kering dan basah. Tentunya jika kita menggunakan ban Soft Compound tipe kering akan beresiko jika digunakan harian, karena kadang cuaca tidak menentu. Jika hal ini terjadi pastinya sangat beresiko terhadap keselamatan pengendara.

Untuk itu mari kita bahas lebih jauh tentang dua merk ban ini. karena banyak kelebihan dan kekurangnya apalagi jika digunakan untuk harian. Tentunya dengan adanya artikel ini kita bisa memilih ban yang cocok untuk digunakan harian. Yuk lanjut membacanya ya sob.......

Ban FDR 

Sport MP96

Ban semi-slick cocok untuk sirkuit permanen dengan banyak tikungan panjang.

Kelebihan Ban Sport MP96
  • Memiliki konstruksi ban yang lebih kokoh sehingga pembalap bisa melakukan cornering in & out lebih cepat.
  • Lebih stabil saat cornering panjang, tidak alami goyang atau bergeser.
  • Paduan kompon lunak dan dinding yang lebih kokoh memungkinkan pembalap untuk melakukan ‘late braking’ dengan baik.

Sport FR75

Ban slick untuk balapan di sirkuit permanen dengan kondisi kering dan temperatur tinggi.75

Kelebihan Ban Sport FR75
  • Optimal untuk sirkuit permanen.
  • Memiliki stabilitas dan durabilitas yang tinggi.
  • Menggunakan soft compound untuk daya cengkram maksimal.

Sport MP27

Ban balap motor yang dirancang khusus untuk kondisi sirkuit kering.

Kelebihan Ban Sport MP27

  • Pola kembangan yang jarang-jarang membuat kontak area ban ke aspal lebih banyak sehingga memberikan daya cengkram maksimal.
  • Profil ban membuat motor mudah mencapai top speed sekaligus daya cengkram yang baik saat “merebah.”
  • Menggunakan soft compound untuk daya cengkram maksimal.

Sport XR

Ban balap motor untuk kondisi trek basah atau hujan.

Kelebihan Ban Sport XR
  • Alur pattern mampu membelah air dengan sempurna sehingga tidak licin saat melintasi trek basah.
  • Profil ban lebar dan kontak area luas sehingga daya cengkram lebih maksimal. 
  • Mampu melakukan late-breaking dengan baik.
  • Menggunakan soft compound untuk daya cengkram maksimal.

Sport MP76

Ban balap motor yang dirancang khusus untuk kondisi sirkuit kering atau basah.

Kelebihan Ban Sport MP76
  • Ban favorit pilihan pembalap.
  • Pola kembangan yang unik mampu membelah air dengan sempurna.
  • Profil ban membuat motor mudah mencapai top speed sekaligus daya cengkram yang baik saat “merebah.”
  • Menggunakan soft compound untuk daya cengkram maksimal.

Ban IRC Razzo

IRC Razzo 166

Desain khusus untuk kompetisi balap motor.

Kelebihan IRC Razzo 166
  • Performa yang baik untuk trek basah dan kering.
  • Performa yang baik untuk ketahanan.

IRC Razzo 221

Desain khusus untuk kompetisi balap motor.

Kelebihan IRC Razzo 221
  • Performa yang baik untuk trek kering.
  • Performa yang baik untuk ketahanan.

Ban IRC Fasti

Ban balap dengan pola slick dipadu dengan konstruksi ARAMID / Kevlar yang menjamin kestabilan performa untuk kondisi kering pada saat kompetisi.

Kelebihan Ban IRC Fasti
  • Ultra High Speed Grip Technology
  • ARAMID Braker
  • Advanced Racing Technology

Kelebihan Ban Soft Compound

  • Lebih aman, nyaman dan mantap menikung ditikungan tajam. mengapa begitu? Karena komponnya mempunyai grip yang lebih tinggi daripada ban HC (hard compound). Selain itu kompon ini mudah sekali panas sehingga sangat lengket diaspal.
  • Ban soft compound juga memiliki beberapa tipe untuk track basah. Dengan adanya tipe ini tentunya pengendara lebih aman ketika melibas jalanan basah / hujan.
  • Bisa late-braking dengan baik dan lebih safety. Yang artinya adalah telat ngerem.. eitss bahaya mah kalau telat ngerem :v arti sebenarnya adalah jika anda ngerem normal ataupun ngerem mendadak, ban tidak langsung stop atau rem tidak langsung mengunci. Motor akan melambat pelan-pelan dan kemudian berhenti. Tidak seperti ban HC yang jika ngerem mendadak akan langsung stop dan rem langsung ngunci, jadi ban soft compond lebih aman untuk pengendaraan dengan kecepatan tinggi.

  • Bisa dipakai buat harian. Yap. beberapa pabrik ban merancang ban soft compound bukan untuk balapan saja, melainkan juga untuk harian. Cocok untuk rider harian yang ingin merasakan grip tinggi.
  • Menaikan image pada motor. Karena ban jenis ini merupakan aliran ban balap / race tire, maka tidak jarang tujuan orang membeli ban ini bukan hanya ingin merasakan grip tinggi. namun juga untuk menaikan image pada motornya karena ukuran ban yg terlihat sporty.     

Kekurangan Ban Soft Compound

  • Lebih cepat aus. Karena kompon pada ban ini tergolong cepat panas, maka ban jenis ini paling cepat aus. Biasanya ban jenis ini aus total/ sudah gundul pada pemakaian 10000-13000km/ 1 tahun  dalam pemakaian harian dan kalau dipakai buat touring, bisa lebih cepat lagi. Paling 3 bulan sudah botak duluan. berbeda dengan ban HC yang baru setengah aus pada pemakaian 15000km dan gundul pada pemakaian 24000km. Ban ini tidak cocok buat rider touring (sudah jelas banget :’v).
  • Harganya yang cukup mahal dan tidak semua bengkel menjual ban jenis ini.Harga Ban soft compound yang paling murah saja mencapai Rp275 ribu/pcs, itu sudah membuat dompet “jebol”. Biasanya rentang harga ban soft compound diantara Rp350-1250 ribu/pcs, sudah jelas jika Ban ini tidak cocok buat orang yang ekonomis. Dan tidak semua bengkel menjual ban jenis ini karena permintaan ban soft compound yang relatif sedikit.
  • Tarikan motor jadi berat, susah meraih top speed, BBM jadi boros.Karena ban soft compound membuat ban selalu nempel diaspal dan mudah panas, tarikan motor jadi cukup berat. Dan karena tarikan berat itulah yang membuat susah meraih top speed dan motor jadi “haus” BBM. Pastikan jika anda menganti ban jenis ini disarankan untuk menaikan ukuran sprocket gir belakang (minimal naik 1 mata).
Baik ban IRC Razzo dan Ban FDR Sport MP memiliki kekurangan namun tentunya dengan  kualitas yang sudah teruji diajang balapan, ban ini sangat layak untuk dimiliki. Satu hal yang penulis garis bawahi, pilihlah ban Soft Compound yang memiliki ketahanan di cuaca kering dan hujan. Kalau penulis sendiri suruh memilih, penulis akan mengambil ban FDR Sport MP76. Alasanya sih sederhana, ban ini cocok untuk digunakan harian. Mp76 mampu melibas cuaca hujan dan kering.

Terimakasih yang udah setia membaca artikel di blog ini dan terimakasih juga untuk blog WILD EASTERN 86. Jangan lupa juga baca artikel menarik lainya di blog ini, seperti Tips Memilih Ukuran Ban Motor dan Cara Memilih Ban Motor Yang Cocok Untuk Harian dan baca juga artikel tentang 




EmoticonEmoticon