-->
logo blog

5 Hal Perawatan Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memiliki Kawasaki Ninja 150 RR

Kawasaki Ninja terkenal dengan kendaran yang memiliki cc cukup besar dan untuk saat ini dari pabrikan Kawasaki sendiri banyak sekali pilihan baik dari 150cc sampai 600cc. Namun pastinya sobat sudah tidak asing lagi dengan besutan motor Kawasaki yang satu ini, yaitu Ninja 150 RR. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang 5 Hal Perawatan Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memiliki Kawasaki Ninja 150 RR.

Walau Ninja 150 RR akan menjadi sejarah namun penulis yakin masih banyak yang memilikinya dan bahkan masih banyak diluar sana yang masih ingin meminangnya. Di tahun 2015-2106 pihak Kawasaki sudah menginformasikan bahwa Ninja 150 RR sudah tidak di produksi lagi karena masalah emisi gas buang.

Namun apapun itu penulis sendiri tetap mencintai motor 2-Tak milik Kawasaki ini, karena banyak hal yang tidak bisa di dapatkan dari motor 250cc sekalipun. Nah bagi sobat sendiri, apa saja hal yang membuat kangen dari sosok Ninja 150RR ini..? Namun apapun itu yang penting perawatanlah yang membuat motor selalu tetap prima dan selalu siap menemani pemiliknya sehari-hari. Untuk masalah perawatan yang wajib dilakukan, baca tips dibawah ini....

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memiliki Kawasaki Ninja 150 RR

1. Oli Samping
 
Kekuatan dari motor 2-Tak adalah oli samping. So, semakin baik oli samping yang digunakan tentunya mesin akan tetap sehat dan tidak akan risau jika diajak berlari. Untuk itu hal yang wajib sobat perhatikan adalah oli samping, agar tidak terjadi kehabisan ketika digunakan karena jika sampai kehabisan dapat merusak komponen mesin.

2. Super Kips
Ini satu hal yang paling penulis sukai dari Ninja 150RR, sensasi jambakanya itu yang bikin kangen. Namun kadang teknologi kips juga bikin bt loh sob, pernah kan mengalami macet super kips nya? Macet superkips bisa karena oli samping kurang bagus atau bisa juga karena oli samping terlalu boros namun tidak menutup kemungkinan juga motor jarang di geber, Untuk itu minimal 3 bulan sekali sobat wajib membersihkan komponen kipsnya,

3. Karburator dan Filter Udara
Karburator merupakan komponen penting untuk menyuplai bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran dan filter udara berfungsi untuk menyaring udara kotor yang akan masuk keruang pembakaran. Untuk itu penulis menyarankan setiap dua bulan sekali sobat wajib membersihkan karburator dan filter udaranya namun jika filter udaranya sudah tidak layak sebaiknya diganti dengan yang baru agar hasilnya maksimal.

4. Knalpot
Untuk point ke 4, ini khusus yang menggunakan knalpot racing. Karena penulis yakin 95% pemilik Ninja RR hampir menggnati knalpot bawaanya dengan knalpot racing. Untuk itu agar suaranya tetap garing dan merdu sebaiknya sobat rajin mengganti gaslownya dan jangan lupa juga pada bagian saringanya sebaiknya di bakar agar lubang-lubangnya tidak tertutup kerak.

5. Oli Mesin
Oli mesin memang sangat penting bagi mesin motor namun bagi motor 2-Tak masih lebih penting oli samping. Biasanya penulis mengganti oli mesin sekitar 3 bulan sekali namun yang sering terjadi bila perpindahan gigi sudah agak berat baru penulis menggantinya. Namun bagi yang memiliki dana lebih, satu bulan sekali malah lebih baik. hehehehe

Penulis sendiri menggunakan oli samping motul dan untuk oli mesinnya sendiri menggunakan shell. Kedua oli yang penulis sebutkan dirasa sudah mencukupi kebutuhan mesin. Nah bagi sobat yang memiliki pengelaman lain tentang oli, boleh dong di share disini.

Nah mungkin itu sedikit artikel tentang 5 Hal Perawatan Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memiliki Kawasaki Ninja 150 RR dan semoga artikel kali ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel menarik lainya, seperti 5 Hal Yang Menyebabkan Suara Mesin Kawasaki Ninja RR dan R Kasar dan baca juga artikel tentang 10 Cara Merawat Kawasaki Ninja RR agar Staminanya Tetap Prima. Terimakasih


EmoticonEmoticon