-->
logo blog

Kelebihan dan Kekurangan Karburator KX85 Di Kawasaki Ninja 150 RR

Teknologi karburator sudah mulai ditinggalkan hampir di semua pabrikan baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun untuk saat ini masih banyak yang masih mengunakan karburator , khususnya kendaraan 2013 kebawah. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Karburator KX85 Di Kawasaki Ninja 150 RR.

Karburator berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran, nah jika karburator tidak bekerja seperti biasa pastinya kendaraan yang sobat gunakan menjadi tidak stabil. Bagi pengguna Ninja 150 RR mungkin banyak yang mengeluhkan karburatornya bermasalah, seperti skep sering nyangkut dan juga jika pagi-pagi motor susah hidup.

Penulis sendiri mengalami dua hal diatas itu dan setelah nanya sana sini akhirnya melepaskan karburator bawaanya dan diganti karburator milik Kawasaki KX85. Tadinya ingin menggunakan karburator dari sudco namun dananya tidak mencukupi akhirnya pilihan tepat jatuh ke KX85.

Waktu itu penulis beli karburator KX85 sekitar 1,5 juta di ramayana kebon jeruk dan hasilnya pun sangat-sangat memuaskan. Nah untuk lebih jelasanya tentang kelebihan dan kekurangan karburator KX85, cek dibawah ini ya sob....

Kelebihan Karburator KX85 Di Kawasaki Ninja 150 RR

1. Harga Cukup Terjangkau - Hal pertama yang penulis sukai dari karburator ini adalah harganya cukup terjangkau untuk sekelas karburator racing. Kenapa dibilang karburator racing...? iya sebab karbu ini digunakan untuk kendaraan balap bukan untuk harian. So, pastinya karbu ini sudah memiliki kualitas di atas rata-rata dan karbu ini sangat tahan di segala cuaca.

2. Praktis - Yang kedua, karburator ini sangat mudah sekali di pasangkan, istilah kasarnya plug and play. Jadi jika sobat mengganti karburator ini, sobat tidak terlalu banyak perubahan hanya saja cuma merubah tali gas saja. Pokonya sangat simpel deh,,,,,,

3. Mudah Di Setting - Karburator biasanya memiliki karakter yang berbeda-beda apalagi jika dipasangkan dengan kendaraan yang bukan peruntukanya sehingga memerlukan penyetingan begitu rumit. Tidak halnya dengan KX85, penulis hanya mengganti pilotjet ukuran 50 namun power motor meningkat hampir 10-15%.

4 Hemat BBM - Pada umumnya jika mengganti karburator menjadi boros bahan bakar namun yang penulis rasakan setelah mengganti karbu bawaan dengan karbu KX85, bahan bakar tidak ada perbedaan yang berarti akan tetapi performa sangat berbeda. Memang sih masih berdiameter 28 namun rasanya jauh sekali dengan karbu bawaan.

5. Bebas Penyakit - Nah itu point terakhir, biasanya jika menggunakan karbu bawaan sering mengalami gas nyangkut atau susah hidup namun setelah diganti karbu KX85, motor terbebas dari penyakit dan pastinya semakin asik saja jika diajak berlari.

Kekurangan Karburator KX85 Di Kawasaki Ninja 150 RR

1. Mungkin ini bisa dibilang kekurangan namun bisa juga tidak tergantung dari sudut mana memandanya. Yang jelas kalau penulis bilang ini resiko menggunakan karburator yang 
bukan peruntukanya, jadi wajar saja jika ada salah satu yang harus dikorbankan. Ayo siapa yang penasaran....??? Yup jadi yang harus dikorbankan jika menggunakan karburator KX85 adalah tidak bisa menggunakan Filter udara bawaan.

Nah mungkin itu sedikit kekuranganya namun yang penulis rasakan namun walau tidak menggunakan filter bawaan, tenaga motor masih mantap dan pastinya tidak ada istilah ngok walau grip gas digentak berbagai gaya pun.

Dengan harga 1,5 juta, karburator KX85 sangat layak untuk dipinang dibandingkan merek lain kecuali Sudco. Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Karburator KX85 Di Kawasaki Ninja 150 RR dan semoga artikel kali ini bermanfaat ya sob. Jangan lupa baca artikel lainya, seperti Karburator Yang Cocok Untuk Ninja RR dan baca juga artikel tentang Tips Mengatasi Karburator Kawasaki Ninja RR Nyangkut, Ini Penyebanya. Terimakasih






EmoticonEmoticon