-->
logo blog

Cara Mengatasi Suara Knalpot Kawasaki Ninja 250 FI Nembak

Motor besutan Kawasaki memang selalu menjadi idaman baik dari motor legendaris Ninja 2-tak sampai Ninja 250 FI. Padahal harga yang dibandrol cukup tinggi namun toh buktinya masih saja laris manis dipasaran. Setelah memiliki Ninja 250 pastinya ingin dong mengganti knalpot bawaannya dengan knalpot racing suapaya makin terasa suara raungan 2 slindernya. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Cara Mengatasi Suara Knalpot Kawasaki Ninja 250 FI Nembak.

Suara nembak setelah ganti knalpot racing memang hal yang sangat wajar sebab debit bahan bakar dan udara tidak sesuai dengan kebutuhan mesin, istilah kasarnya terlalu irit bahan bakarnya. Bagi yang memiliki dana lebih mungkin hal ini tidak menjadi masalah sebab dipasaran telah hadir piggyback namun  harganya itu loh,,,,,

Biar enggak bingung, mari kilas balik kenalan lagi dengan piggyback. Di kamus bahasa Inggris, piggyback artinya "dukung-dukungan". Sesuai namanya, piggyback mendukung kerja electronic control unit (ECU) yang berfungsi sebagai pusat kontrol mulai dari pengapian (dengan fungsi mirip CDI) sekaligus mengatur semprotan injeksi bahan bakar.  

Lalu bagaimana cara kerjanya? Piggyback ini menipu ECU agar mau menambah jumlah semprotan bahan bakar. Kira-kira fungsinya sama seperti mengganti spuyer, kebutuhan gas bahan bakar yang lebih besar bisa dipenuhi. Pada merek tertentu juga bisa digunakan untuk mengatur ulang timing pengapian. Canggih kan!

Sebaiknya, yang hoby oprek mesin hal yang wajib dimiliki adalah piggyback. Karena pada prinsipnya setiap perubahan performa di mesin membutuhkan tambahan suplai bahan bakar. Dan untuk menambah suplay bahan bakar salah satunya bisa dilakukan oleh piggyback.

Misalnya hari ini ganti knalpot, pasti setting ulang injeksinya dengan menambah suplay bahan bakarnya dan menghilangkan efek nembak saat deselerasi. Suatu saat mau porting dan polish, juga harus tambah bahan bakar. Sebulan kemudian, open filter, ganti noken as atau kem lalu klep dan seterusnya. Semua memerlukan tambahan suplai bahan bakar lebih banyak dan atur ulang pengapian.

Namun yang sering digunakan adalah merk Power Commander V asal Amerika. "Yang ini dijual Rp 4 juta bisa memanipulasi bahan bakar dan pengapian,'' Lalu ada juga yang hanya untuk mengatur bahan bakar saja. "Mereknya Bazzaz dijual Rp 3 juta," terangnya.

Kedua piggyback ini memiliki kepresisian peningkatan jumlah bahan bakar yang disemprotkan sangat detail sesuai dengan putaran mesin. "Air flow ratio (AFR)-nya atau campuran kabut bahan bakarnya bisa diatur tiap bukaan putaran mesin dan bukaan gas. Jadi lebih presisi,"

Namun bagi yang memiliki dana mempet seperti saya, akan tetapi ingin mengatasi suara nembak tanpa keluar biaya cukup besar. Penulis akan memberikan solusinya yang agak sedikit ngawur namun hasilnya cukup memuaskan loh. Nah sobat tinggal membuka bodi kanan lalu cek ada selang AIS jika di motor keluaran Yamaha.

Lubang AIS sendiri berpungsi untuk menyuplai udara ke lubang buang agar emisi gas buang lebih rendah. Percaya tidak percaya, sobat bisa menutup lubang AIS nya dengan busi bekas atau bisa juga dengan alat lainya yang penting bisa menutup dengan sempurna. Di motor penulis sendiri hal ini cukup ampuh ya.....tidak terdengar nembak-nembak lagi.

Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Cara Mengatasi Suara Knalpot Kawasaki Ninja 250 FI Nembak dan jangan lupa baca artikel menarik lainya, seperti Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki Ninja 150RR VS Kawasaki Ninja 250FI dan baca juga artikel tentang Kelebihan Menggunakan CDI Racing Di Ninja 150RR. Terimakasih




EmoticonEmoticon